Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Arah Tidur Terbaik dan Terburuk untuk Istirahat

Kompas.com - 04/10/2023, 18:10 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur adalah kebutuhan yang penting dipenuhi setiap manusia untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta menghindari stres atau mood negatif.

Namun, bagi banyak orang, tidur bisa menjadi tantangan yang bisa sulit memperolehnya, seperti stres, lingkungan yang tidak nyaman, serta arah tempat tidur

Baca juga: 5 Ide Warna Terbaik Kamar Tidur Kecil agar Tampak Menarik

Untuk arah tidur, posisi yang tepat dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya membuat tidur menjadi nyenyak.

Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak penelitian yang membahas tentang arah tempat tidur yang optimal. Beberapa ahli percaya arah tempat tidur saat Anda tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur sehari-hari.

Ada beberapa alasan mengapa arah tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur, salah satunya medan magnet bumi dapat mempengaruhi tubuh kita.

Ketika tidur, tubuh kita berada dalam keadaan rileks dan rentan terhadap pengaruh eksternal. Medan magnet bumi dapat mengganggu siklus tidur jika kita tidur di arah yang salah.

Selain itu, pencahayaan alami dapat mempengaruhi produksi melatonin, yakni hormon yang membantu tidur. Ketika tidur di arah yang salah, kita mungkin terkena lebih banyak cahaya alami, yang dapat mengganggu produksi melatonin. 

Nah, dilansir dari Living Etc, Rabu (4/10/2023), berikut arah tidur terbaik untuk istirahat berkualitas menurut para ahli. 

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Kamar Tidur Bergaya Mediterania

Arah tidur terbaik dan dianjurkan

Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.
Carlie Gasia, pelatih sains tidur bersertifikat di Sleepopolis yang didukung Spencer Institute, mengatakan arah tidur terbaik dan dianjurkan adalah menghadap ke selatan. Arah ini dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik dan tingkat stres lebih rendah.

Dengan tidur menghadap ke arah selatan, Anda berada dalam posisi yang selaras dengan medan magnet bumi karena magnet mengalir dari selatan ke utara.

Alasan lain mengapa arah selatan dianjurkan untuk tidur adalah sinar matahari terbit dari timur dan terbenam di barat.

Ketika tidur menghadap ke selatan, Anda tidak akan terganggu sinar matahari pagi atau malam hari sehingga membantu mendapatkan tidur yang nyenyak. 

Baca juga: 5 Ide Warna Terbaik Kamar Tidur Kecil agar Tampak Menarik

Arah tidur yang tidak dianjurkan

Gasia mengatakan arah tidur yang harus dihindari adalah menghadap ke utara karena bisa memberikan kualitas tidur yang buruk dan tingkat stres lebih tinggi.

Selain itu, karena arah tidur utara tidak sejajar dengan medan elektromagnetik bumi. Medan elektromagnetik bumi dapat membantu tubuh untuk rileks dan tidur lebih nyenyak.

Arah tidur juga dapat menyebabkan ketegangan dalam tidur karena menghadap ke kutub utara bumi yang mana merupakan sumber medan magnet yang kuat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com