Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2023, 18:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Safe Wise


JAKARTA, KOMPAS.comKeamanan rumah menjadi hal yang penting untuk diprioritaskan. Bahkan, sistem keamanan jauh lebih penting dibandingkan desain interior maupun eksterior rumah.

Untuk membuat rumah tetap aman, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Mulai dari memasang kunci pintu, kunci jendela, hingga memasang kamera CCTV.

Dilansir dari Safe Wise, Senin (2/10/2023), ada beberapa tips menjaga rumah tetap aman. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Rumah Tetap Aman dan Terlindungi dari Pencuri

Siapkan sistem keamanan

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk menjaga keamanan rumah yaitu dengan membuat sistem keamanan rumah. Saat ini ada banyak pilihan sistem keamanan rumah yang bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Anda bisa memasang alat keamanan seperti kunci, CCTV, atau bahkan menggunakan jasa keamanan komplek.

Ilustrasi kunci pintu, kunci pintu rumah.UNSPLASH/MARIA ZIEGLER Ilustrasi kunci pintu, kunci pintu rumah.

Amankan bagian pintu

Pintu rumah harus dibuat dengan sistem keamanan tinggi. Pastikan kusennya kuat, engselnya terlindungi, dan daun pintunya memiliki slot kunci.

Kunci rumah sebaiknya disimpan dan hanya dimiliki oleh penghuni rumah. Apabila ada orang lain yang memiliki kunci rumah, sebaiknya segera ganti kunci dengan yang baru agar rumah lebih aman.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Rumah Tetap Aman Selama Proses Renovasi

Kunci bagian jendela

Selain pintu, jendela juga menjadi bagian dari rumah yang perlu dikunci. Sebab, jendela juga bisa menjadi akses keluar-masuk rumah saat kondisi darurat.

Tak hanya memasang kunci, pemasangan kaca jendela juga harus dilakukan dengan benar. Bila perlu, pilih kaca yang berkualitas.

Kunci pintu garasi

Tips menjaga rumah tetap aman selanjutnya yaitu dengan selalu mengunci pintu garasi. Biasanya, garasi digunakan untuk menyimpan kendaraan atau barang-barang lain.

Selain itu, garasi juga bisa menjadi akses keluar-masuk rumah. Untuk meningkatkan keamanan rumah, jangan lupa untuk selalu mengunci pintu garasi.

Bila perlu, gunakan kunci ekstra agar keamanan rumah tetap terjaga.

Pasang CCTV

CCTV menjadi salah satu perlengkapan keamanan yang harus ada di rumah. Dengan adanya kamera keamanan ini, maka Anda bisa mengawasi rumah Anda dari jarak jauh.

Baca juga: 5 Tips Memasang Smart CCTV di Rumah untuk Keamanan

Saat ini, kamera CCTV sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih. Misalnya, fitur yang menghubungkan kamera ke handphone, fitur alarm, hingga fitur untuk mendeteksi keberadaan orang asing.

Anda dapat memanfaatkan kecanggihan kamera CCTV untuk membuat rumah lebih aman dan nyaman.

Itulah beberapa tips menjaga rumah tetap aman. Keamanan hunian menjadi salah satu hal yang penting, memasang alat keamanan yang canggih bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga rumah tetap aman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com