Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 07:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNET

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini semakin banyak pemilik rumah memasang kamera CCTV di rumah. Memasang CCTV di rumah dapat mencegah risiko pencurian, melindungi rumah, dan mengawasi rumah Anda dari jarak jauh.

Dengan beragam model kamera CCTV yang lebih terjangkau di pasaran dan penyempurnaan dalam teknologi nirkabel, kini hampir semua orang dapat menyiapkan sistem kamera CCTV berkabel atau nirkabel yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran rumah.

Namun, dikutip dari CNET, Jumat (20/1/2023), ada beberapa kesalahan memasang CCTV di rumah yang mungkin dilakukan. Salah satunya adalah memasang CCTV di area yang salah di rumah.

Baca juga: 4 Manfaat Memasang Kamera CCTV di Rumah

Ilustrasi CCTV atau kamera keamanan. Shutterstock/DVKi Ilustrasi CCTV atau kamera keamanan.

Berikut tiga area yang sebaiknya tidak dipilih untuk dipasangi CCTV di rumah.

1. Hindari tempat yang tidak efektif untuk kamera CCTV

Anda mungkin tergoda untuk mengarahkan kamera CCTV ke tempat-tempat di sekitar rumah yang sulit dilihat. Jika Anda tidak dapat melihat lokasi dari jendela atau pintu, mungkin ada seseorang yang mengintai di sana.

Anda mungkin mengira area tersembunyi ini adalah tempat yang disukai pencuri untuk dibobol dan dimasuki.

Namun faktanya, sebagian besar pencuri memasuki rumah melalui jalur yang paling jelas. Menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan keamanan ADT, 34 persen pencuri masuk melalui pintu depan dan 22 persen menggunakan jendela di lantai dasar.

Baca juga: Berapa Jumlah Kamera CCTV yang Dibutuhkan Sebuah Rumah?

Anda mungkin membayangkan bahwa ini adalah ruang di mana mata Anda atau tetangga dapat melihat aktivitas jahat apa pun, tetapi ini juga merupakan rute yang paling sering digunakan untuk pembobolan.

Mengarahkan kamera CCTV ke area-area ini dapat mencegah potensi pembobolan dan dapat membantu mengidentifikasi siapa saja yang mencoba masuk.

Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com