Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat menjadi tanaman buah dan sayur yang relatif mudah ditanam serta minim perawatan daripada beberapa sayuran lainnya. 

Hal ini menjadikan tomat pilihan bagus untuk pemula sambil tetap menawarkan tantangan bagi mereka yang sudah berpengalaman. 

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Noda Saus Tomat Pada Pakaian

Jika semua proses menanam berjalan baik, tanaman tomat akan menghasilkan buah yang bagus dengan warna merah yang cerah serta rasa yang manis.

Buah tomat tentu bisa diolah menjadi berbagai bahan makanan, dari saus tomat, dimakan dalam sandwich, ditaburkan di atas pasta, dan bumbu hidangan lainnya. 

Namun, dalam beberapa kasus, tanaman tomat dapat mengalami sejumlah masalah, salah satunya warna tomat tidak merah alias tetap hijau atau tidak matang.

Tentu saja, hal ini tidak diharapkan tukang kebun mana pun. Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan mematangkan tomat hijau

Dalam blog berkebun, Monty Don, mengatakan tomat akan segera memasuki masa panen utamanya. Namun, untuk memperpanjang masa panen dan memastikan semua tomat hijau yang ada saat ini matang sepenuhnya dalam waktu sekitar satu bulan ke depan, ada beberapa hal yang harus dilakukan tukang kebun. 

Dilansir dari Ideal Home, Kamis (28/9/2023), berikut cara mengatasi buah tomat yang tidak matang.    

Baca juga: 5 Pupuk Alami untuk Tanaman Tomat dan Cara Menggunakannya

Buang beberapa daun

Ilustrasi tanaman tomat ceri.Shutterstock/Fotokostic Ilustrasi tanaman tomat ceri.
Mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tapi ini adalah ide cerdas untuk membuang beberapa daun dari tanaman tomat. "Buanglah separuh bagian bawah daun pada setiap tanaman," saran Monty Don.

Hal ini akan memungkinkan cahaya dan udara masuk sehingga buah tomat yang sedang tumbuh mendapatkan lebih banyak sinar matahari serta ventilasi ekstra yang dapat mengurangi risiko penyakit.

Proses ini dapat dilanjutkan setiap minggu sampai tidak ada daun yang tersisa sama sekali. 

Baca juga: 3 Manfaat Baking Soda untuk Tanaman Tomat dan Cara Menggunakannya

Ubah jadwal penyiraman 

Selanjutnya, cara mengatasi buah tomat yang tidak matang adalah mengubah jadwal penyirama, kecuali jika cuaca sangat panas untuk menghindari buah tomat pecah. 

Sebab, Christopher O'Donoghue, salah satu Co-Direktur di Gardens Revived, mengatakan ini semua berkaitan dengan "stres air" sehingga perlu sedikit mengurangi jadwal penyiraman. 

Stres air dapat memberi sinyal pada tanaman tomat bahwa inilah saatnya  memproritaskan pematangan buah.

Pada dasarnya, berkebun sama saja dengan memberikan tanaman tomat sebuah tendangan. Teni

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com