Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memilih Warna Sofa? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Kompas.com - 27/09/2023, 20:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa menjadi salah satu elemen dekorasi yang penting di sebuah ruangan. Sofa umumnya diletakkan di ruang keluarga dan ruang tamu. 

Keberadaan sofa dapat melengkapi ruang keluarga dan tamu sehingga terlihat lebih nyaman serta menarik.  

Baca juga: 5 Material Sofa Terbaik yang Minim Perawatan

Meski begitu, memilih sofa tidak boleh dilakukan secara asal, termasuk memilih warnanya. Memilih warna sofa yang tepat dapat menjadi tugas menantang. 

Sebab, perlu mempertimbangkan semua hal yang ada di ruangan, seperti warna cat dinding, warna furnitur, dan model karpet. 

Untuk membantu Anda, para ahli membagikan sejumlah hal yang harus dipertimbangkan saat memilih warna sofa dikutip dari Living Cozy, Rabu (27/9/2023).

Warna dinding

Ilustrasi sofa abu-abu.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa abu-abu.
Seperti disebutkan sebelumnya, warna dinding juga perlu dipertimbangkan saat memilih warn sofa. Rasha Rizwan, desainer interior di Mackenzie Collier Interiors, menyarankan mempertimbangkan warna dinding dan palet warna ruangan secara keseluruhan saat memilih sofa.

Jika memiliki dinding netral, Rizwan mengatakan Anda memiliki lebih banyak kebebasan  memilih warna sofa yang melengkapi ruangan.

Namun, jika warna dindingnya berani atau bermotif, memilih sofa warna solid dengan warna yang saling melengkapi adalah yang terbaik. 

Baca juga: Sofa Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah, Bagaimana Caranya?

Tujuan sofa

Selanjutnya, hal yang harus dipertimbangkan saat memilih warna sofa adalah tujuan sofa. Maxine Brady, desainer interior dan presenter TV dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di dunia desain, menekankan pentingnya menentukan tujuan sofa di ruangan.

"Apakah Anda ingin sofa menonjol atau berbaur? Apakah ingin sofa menjadi pilihan desain atau tempat yang nyaman dan praktis untuk bersantai?" tanya Brady. 

Untuk membantu membuat keputusan, Brady merekomendasikan membuat papan Pinterest untuk mengeksplorasi warna-warna sofa yang Anda sukai atau melihat warna-warna yang sudah ada di ruangan yang Anda sukai. 

Baca juga: Catat, Ini 9 Warna Bantal yang Cocok untuk Sofa Abu-abu

Warna, tekstur, dan ukuran ruangan 

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.
Saat memadukan sofa ke dalam dekorasi yang sudah ada, Rozit Arditi, desainer interior dan pendiri Arditi Design, menyarankan memulai dengan karpet area (jika ada) dan menentukan kain sofa terbaik untuk kebutuhan Anda.

"Kami lebih menyukai tekstur pada karpet, jadi kain sofa biasanya lebih netral bagi kami," jelasnya.

Anda juga perlu mempertimbangkan bentuk, warna, dan tekstur perabot lain, seperti meja kopi, meja samping, serta konsol media. 

Selain itu, ukuran ruangan juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan saat memilih warna sofa. Jika ruang kecil, warna sofa yang berani bisa jadi sedikit berlebihan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com