Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna Cat yang Dapat Menarik Nyamuk Masuk ke Rumah, Jangan Digunakan

Kompas.com - 21/09/2023, 21:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyamuk menjadi salah satu serangga pengganggu yang sering muncul di rumah, terutama pada musim kemarau atau panas. 

Nyamuk biasanya berkembang biak di area-area rumah yang kotor, tempat lembap, gelap, kolong tempat tidur, gantungan pakaian, serta terdapat genangan air dan tanaman, seperti kolam ikan. 

Baca juga: Cara Mengusir Nyamuk Pakai Kayu Manis dan Cengkeh, Mudah Dilakukan

Tentu saja, kehadiran nyamuk tak diinginkan pemilik rumah mana pun. Pasalnya, kemunculan nyamuk di rumah tak hanya mengganggu, tapi juga menyebabkan penyakit, seperti demam berdarah dan malaria.  

Menghilangkan hal-hal yang menjadi tempat nyamuk hidup dan berkembang biak dapat menjadi cara membasmi nyamuk dari rumah. 

Namun, selain itu, rupanya, ada beberapa hal yang menarik nyamuk muncul di rumah, seperti penggunaan warna cat. Ada beberapa warna cat yang disukai nyamuk sehingga perlu menghindari menggunakan warna tersebut di rumah.  

Emma Grace Crumbley, Entomologis di Mosquito Squad, mengatakan nyamuk memiliki mata majemuk, yanga artinya pengelihatan nyamuk lebih buruk daripada manusia. 

Sama dengan kebanyakan serangga, nyamuk melihat dunia dalam bentuk warna yang kabur dibanding gambar yang tajam dan detail.  

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Jumat (21/9/2023), berikut sejumlah warna cat yang dapat menarik nyamuk masuk ke rumah.  

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Nyamuk dan Serangga Secara Alami, Apa Saja?

Hitam 

Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga dengan gaya gotik atau berwarna hitam.
Ide ruang tamu hitam dan putih mungkin memiliki kualitas estetika tersendiri, namun tentu saja memiliki daya tarik tersendiri bagi nyamuk.

Seperti diketahui, nyamuk senang hidup di tempat-tempat gelap. Ini juga berlaku untuk warna gelap, seperti hitam. 

Sholom Rosenbloom, pemilik Rosenbloom Pest Control, mengatakan daya tarik tersebut berasal dari kebutuhan nyamuk untuk menghindari sinar matahari langsung karena paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat menyebabkan dehidrasi dan kematian dini pada nyamuk.

"Inilah sebabnya mengapa kita lebih sering melihat nyamuk saat senja dan fajar karena matahari mengancamnya," katanya. 

Baca juga: Ternyata, Ini 6 Tempat Persembunyian Nyamuk di Rumah

Biru tua

Selain itu, biru tua juga menjadi warna cat yang dapat menarik nyamuk masuk ke rumah. Biru tua menarik perhatian nyamuk, warna-warna gelap dan jenuh lainnya juga memiliki efek sama. 

Emma mengatakan biru tua (dan warna-warna lain yang serupa) menarik bagi makhluk yang mendeteksi panas, yang diserap dan ditahan oleh warna-warna lebih gelap.

Karena itu, nyamuk cenderung menyelidiki inang potensial karena inang, seperti manusia, juga mengeluarkan panas. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com