Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Buaya, Mudah dan Gratis

Kompas.com - 21/09/2023, 09:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA,  KOMPAS.com - Lidah buaya menjadi salah satu tanaman hias sukulen yang banyak ditanam tukang kebun rumahan mudah menanamnya serta minim perawatan. 

Selain itu, menanam dan merawat tanaman lidah buaya memiliki sejumlah manfaat, di antaranya memurnikan udara, melembap kulit, membantu pencernaan, mengatasi luka bakar, hingga dijadikan olahan minuman.  

Baca juga: 7 Penyebab Tanaman Lidah Buaya Menguning

Lantaran manfaat tersebut, beberapa orang memiliki lebih dari satu tanaman lidah buaya di halaman rumah mereka. 

Namun, untuk menambahkan koleksi tanaman lidah buaya, Anda tidak selalu membeli tanaman baru. Anda bisa memperbanyak tanaman lidah buaya sendiri dengan cara alami. 

Mengetahui cara memperbanyak lidah buaya adalah keahlian yang pasti akan memberikan keajaiban bagi Anda dalam jangka panjang.

Hal ini juga dapat mengembangkan koleksi tanaman lidah buaya secara gratis sehingga dapat menikmati kebahagiaan lidah buaya yang tak ada habisnya, baik di dalam maupun luar ruangan. 

Baca juga: Mengapa Tanaman Lidah Buaya Layu? Kenali Penyebabnya

Ilustrasi lidah buaya, salah satu tanaman yang meningkatkan kualitas tidur.Unsplash/Matthew Ball Ilustrasi lidah buaya, salah satu tanaman yang meningkatkan kualitas tidur.
Mengingat, lidah buaya mudah dirawat, cara memperbanyak tanaman lidah buaya tidak memerlukan keahlian berkebun yang hebat.  

Ada dua cara memperbanyak tanaman lidah buaya, yakni dari pembagian anakan maupun stek daun.

Peter Ivanov, ahli berkebun dan tanaman di Fantastic Gardeners, mengatakan kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi cara pertama lebih mudah karena kecil kemungkinan tanaman lidah buaya yang diperbanyak akan gagal tumbuh.

Dikutip dari Ideal Home, Kamis (20/9/2023), berikut cara memperbanyak tanaman lidah buaya dengan mudah dan tanpan biaya.

Alat dan bahan 

  • Pisau atau gunting tajam dan disterilkan. 
  • Pot dengan drainase baik, seperti pot tanaman terakota berukuran 15 sentimeter.
  • Campuran pot yang dapat dikeringkan baik atau kompos yang dapat dikeringkan dengan baik dan pasir yang tajam. 
  • Kaleng penyiraman atau botol semprot
  • Hormon perakaran (opsional, tetapi sangat disarankan). 

Baca juga: Menyiram Tanaman Lidah Buaya, Sebaiknya dari Atas atau Bawah?

Pilih tanaman induk yang sehat

Ilustrasi tanaman lidah buaya. SHUTTERSTOCK/NEVADA31 Ilustrasi tanaman lidah buaya.
Peter mengatakan memilih tanaman induk yang sehat. Pilih tanaman lidah buaya dewasa yang sehat dan tidak memiliki penyakit atau hama.

Selain itu, cari tanaman yang memiliki beberapa offset, yang juga dikenal sebagai divisi anakan, yang tumbuh di sekitar pangkalnya. 

Daniel Carruthers, ahli tanaman hias di Cultivar Greenhouses, menambahkan anakan adalah 'bayi' yang akan Anda lihat tumbuh melalui tanah di samping tanaman utama dan cenderung menghasilkannya dengan mudah sepanjang musim. 

Perlu diketahui, tanaman lidah mertua siap diperbanyak ketika anakannya sudah setinggi sekitar 10 sentimeter atau ketika tanamannya keluar dari pot. 

Baca juga: 8 Tips Merawat Lidah Buaya agar Daunnya Gemuk

Siapkan peralatan dan ruang kerja

Selanjutnya, cara memperbanyak tanaman lidah buaya adalah menyiapkan peralatan dan ruang kerja. Peter mengatakan pastikan Anda telah mengasah dan mensterilkan pisau atau gunting sebelumny mencegah penyebaran potensi penyakit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com