Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Monstera agar Tumbuh Subur dan Cantik

Kompas.com - 19/09/2023, 16:07 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Monstera merupakan salah satu tanaman hias yang banyak disukai. Tanaman ini memiliki daun berbentuk dan bermotif unik.

Tanaman hias ini pernah naik daun di awal pandemi karena banyak orang yang beraktivitas di rumah dengan menanam tanaman hias. Bahkan, harga jual tanaman ini sempat melambung tinggi.

Meskipun tak sepopuler dulu, monstera tetap banyak disukai. Jika Anda masih memiliki tanaman monstera di rumah, maka perawatan harus tetap dilakukan agar tumbuh dengan baik.

Baca juga: Simak, Ini Cara Merawat Tanaman Monstera

Dilansir dari Real Simple, Selasa (19/9/2023), berikut ini cara merawat monstera agar pertumbuhannya maksimal.

Pertimbangkan pencahayaan

Ilustrasi tanaman hias Monstera Deliciosa di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/SOZINA KSENIIA Ilustrasi tanaman hias Monstera Deliciosa di dalam ruangan.

Monsetera merupakan tanaman hias yang bisa tumbuh di tempat ternaungi. Tanaman daun ini lebih menyukai cahaya tidak langsung.

Marc Hachadourian, director of glasshouse horticulture and senior curator of orchids di The New York Botanical Garden mengatakan bahwa banyak spesie smonstera akan tumbuh dengan baik pada kondisi cahaya sedang sampai rendah.

Namun, ada juga monstera yang bisa tumbuh di kondisi matahari penuhi. Maka dari itu, pencahayaan sebaiknya dipertimbangkan tergantung varietas yang ditanam.

Atur media tanam

Cara merawat monstera lainnya yaitu mengatur media tanamnya. Tanaman monstera lebih menyukai tanah organik yang drainasenya baik.

Baca juga: Cara Merawat Monstera Dubia, Tanaman Hias Berdaun Unik

Sebab, tanaman ini memiliki sistem akar yang kasar dan lebih menyukai udara di sekitar akarnya, sehingga drainase dan aerasi yang baik sangat dibutuhkan.

Anda bisa menambahkan arang, kulit kayu, atau perlit ke dalam campuran tanah. Sebaliknya, jangan gunakan tanah berat dan basah karena bisa mengganggu pertumbuhan akar monstera.

Penyiraman berimbang

Selain memperhatikan kondisi media tanam, pengairan juga perlu dipertimbangkan. Jangan terlalu banyak memberikan air karena bisa membuat tanaman terlalu basah dan busuk.

Meskipun demikian, penyiraman tidak boleh terlambat agar tanaman tidak layi akibat kekeringan.

Menjaga suhu dan kelembapan udara

Marc Hachadourian mengatakan bahwa semakin hangat dan lembap, semakin baik dan cepat pertumbuhan monstera. Untuk menjaga tingkat kelembapan agar tetap tinggi, Anda bisa memangkas daun dan akar yang terbuka setiap harinya.

Baca juga: 8 Langkah Menyiram Tanaman Monstera yang Baik dan Tepat

Pertimbangkan juga untuk menaikkan pot di atas nampan air atau piring berisi air untuk meningkatkan kelembapan. Namun, bagian dasar jangan terendam air karena akarnya bisa basah dan busuk.

Ilustrasi tanaman hias Monstera dan Calathea orbifolia di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/IGOR STROMYK Ilustrasi tanaman hias Monstera dan Calathea orbifolia di dalam ruangan.

Pemberian pupuk

Memberikan pupuk akan membuat tanaman ini tumbuh dengan baik dan menghasilkan daun yang cantik. Pupuk yang diberikan bisa didapatkan di toko pertanian terdekat atau menggunakan pupuk organik.

Pemangkasan

Cara merawat monstera lainnya yaitu dengan melakukan pemangkasan untuk mendorong pertumbuhan baru. Selain itu, pemangkasan juga bisa menjaga tanaman agar tidak tumbuh terlalu besar dan sulit diatur.

Baca juga: Simak, Tips Merawat Monstera Variegata

Pengendalian hama dan penyakit

Hama dan penyakit juga bisa menyerang tanaman monstera. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengendalian hama dan penyakit menggunakan pestisida kimia maupun organik.

Penggunaan pestisida kimia harus dilakukan sesuai dengan dosis yang dianjurkan agar tidak menyebabkan kerusakan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com