Kompas.com - 05/12/2021, 10:40 WIB
Ketika mencari tahu cara merawat tanaman janda bolong, penting untuk diketahui bahwa menyediakan air dan makanan secara teratur adalah hal utama yang perlu dilakukan. SHUTTERSTOCK/IWANDKetika mencari tahu cara merawat tanaman janda bolong, penting untuk diketahui bahwa menyediakan air dan makanan secara teratur adalah hal utama yang perlu dilakukan.

JAKARTA, KOMPAS.com- Jika Anda ingin mempelajari cara menyirami tanaman hias Monstera dengan benar, maka pastikan untuk membaca artikel ini hingga tuntas. 

Masalah penyiraman menjadi salah satu hal yang berisiko jika tak dilakukan dengan tepat. Sebab, apabila salah dalam menyiram tanaman maka akan mempengaruhi kesehatan tanaman sehingga penting untuk melakukannya dengan tepat.

Melansir dari Smart Garden Guide pada Minggu (5/12/2021) berikut cara tepat menyiram tanaman monstera agar subur dan tidak mati.

Baca juga: Kenapa Ada Bercak Cokelat pada Daun Monstera? Ini 7 Penyebabnya

Langkah-langkah Menyiram Tanaman Monstera 

Berikut ini langkah-langkah menyiram tanaman monstera yang baik dan tepat agar tumbuh subur, sehat, tidak mudah mati, dan tidak overwatering

Baca juga: Monstera Deliciosa, Kerabat Janda Bolong yang Buahnya Bisa Dimakan

  1. Gunakan kaleng penyiram berleher panjang untuk menuangkan air ke permukaan tanah dengan perlahan. Hindari membasahi dedaunan. Daun basah di rumah yang berventilasi buruk terkadang dapat mendorong tanaman Anda untuk mengembangkan penyakit.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, lalu biarkan setiap porsi air meresap ke dalam tanah sebelum menambahkan lebih banyak air.
  3. Jika tanah pada tanaman sangat kering, maka ia akan menolak air sehingga ketika pertama kali disiram, air dapat mengalir melalui tanah dan keluar dari lubang drainase tanpa meresap ke dalam tanah. Menambahkan air sedikit demi sedikit memastikan tanah menyerap air dan menjadi lembab secara merata.
  4. Terus tambahkan air sampai pot terasa berat dengan air dan air mengalir bebas dari lubang drainase.
  5. Biarkan panci di wastafel Anda selama beberapa menit untuk membiarkan kelebihan air mengalir.
  6. Angkat pot dan perhatikan pengurasan air berlebih. Memiringkan pot pada suatu sudut, atau dengan lembut menaikkan dan menurunkan pot biasanya akan mendorong air lebih banyak mengalir.
  7. Sangatlah penting bahwa Anda membiarkan semua kelebihan air mengalir. Meninggalkan Monstera Anda di tanah yang sangat basah adalah salah satu cara paling handal untuk menyebabkan busuk akar, yang mengakibatkan tanaman sangat sakit.
  8. Setelah tidak ada lagi air yang terkuras, letakkan tanaman Anda di atas piring yang menampung tetesan airnya atau di dalam pot dekoratif dan letakkan kembali pada posisinya.

Baca juga: Jenis Monstera Paling Mahal, Apakah Janda Bolong?

Itulah langkah-langkah menyiram tanaman Monstera yang baik dan tepat, selamat mencoba!

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.