Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penyebab Daun Monstera Layu dan Cara Menanganinya

Kompas.com - 26/06/2023, 18:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Monstera adalah salah satu tanaman hias populer karena mudah dirawat dan tidak mudah mati. Namun demikian, ada saja masalah pada tanaman ini, salah satunya daun monstera layu atau terkulai.

Dikutip dari House Digest, Senin (26/6/2023), daun monstera layu sering disebabkan berbagai alasan, yang paling umum adalah kelebihan air, kekurangan air, dan kekurangan sinar matahari.

Sebagian besar tanaman monstera bisa tumbuh subur dalam kondisi yang tepat dari sinar matahari tidak langsung yang cerah setiap hari dikombinasikan dengan penyiraman teratur setiap minggu.

Baca juga: Cara Meletakkan Tanaman Monstera Deliciosa untuk Bawa Hoki

Ilustrasi tanaman hias Monstera Deliciosa di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/SOZINA KSENIIA Ilustrasi tanaman hias Monstera Deliciosa di dalam ruangan.

Itu sebabnya penampilan daun monstera layu biasanya merupakan indikasi bahwa ada masalah dengan jumlah air yang disiram ke tanaman atau paparan sinar matahari.

Langkah pertama dalam menangani daun monstera layu adalah mencari tahu dengan tepat apa yang membuatnya seperti itu. Ini akan memungkinkan Anda untuk memperbaiki kondisi pertumbuhan.

Ini dapat membantu tanaman monstera bangkit kembali dan mencegahnya layu lagi.

Berikut beberapa penyebab daun monstera layu dan cara mengatasinya.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Harga Monstera Mahal

1. Kekurangan air

Jika Anda melihat daun monstera layu, ada kemungkinan besar Anda mungkin tidak memberinya cukup air, dan solusi sederhananya adalah menyiram tanaman dan selanjutnya meningkatkan jumlah dan/atau frekuensi menyiram tanaman monstera Anda.

Untuk menguji apakah tanaman monstera mendapatkan cukup air atau tidak, masukkan jari Anda ke dalam tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com