Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Monstera Paling Mahal, Apakah Janda Bolong?

Kompas.com - 09/12/2020, 17:31 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena mahalnya harga tanaman hias janda bolong alias monstera cukup menyita perhatian banyak masyarakat di Indonesia dalam beberapa waktu ke belakang, hingga saat ini.

Janda bolong sendiri merupakan anggota suku Araceae atau talas-talasan dari marga Monstera yang berasal dari daerah tropis Amerika.

Ciri dari tanaman satu ini sesuai dengan sebutannya. Janda bolong memiliki daun-daun yang bolong dan membentuk pola-pola cantik, sehingga terlihat sangat menarik dan mencuri hati pecinta tanaman hias.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Tanaman Hias Populer, Janda Bolong hingga Caladium

Terkait harganya yang mahal, mungkin tidak semua orang tahu jenis janda bolong apa yang memiliki harga selangit. Sebab, tidak semua janda bolong dibanderol sedemikian mahal.

Mengutip dari akun Instagram @lipiindonesia, Rabu, (9/12/2020), janda bolong yang dijual dengan harga mahal di pasar tanaman hias adalah jenis monstera adansonii.

Namun, LIPI menyebut bahwa janda bolong asli dan harganya mahal itu sebenarnya merupakan jenis Monstera obliqua.

Monstera adansonii dan monstera obliqua memang sama-sama memiliki daun yang berlubang, namun bentuk lubang dari kedua jenis monstera itu berbeda.

Baca juga: Kenalan dengan Tanaman Monstera, Eksotis dan Instagrammable

Monstera obliqua memiliki lubang-lubang yang berbentuk membulat, sedangkan lubang-lubang pada daun monstera adansonii berbentuk elips atau melonjong.

Selain bentuk lubang pada daun yang berbeda, daun Monstera obliqua lebih tipis dibandingkan dengan daun Monstera adansonii.

Pada tanaman monstera obliqua mempunyai sulur yang keluar dari batangnya, sedangkan monstera adansonii tidak mempunyai sulur.

Masa pertumbuhan monstera obliqua dan monstera adansonii disampaikan Lipi Indonesia juga berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com