Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Dalam Ruangan, Bisa Panen Terus

Kompas.com - 18/09/2023, 09:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman sayur tidak selalu di halaman rumah dan kebun, tetapi juga dapat di dalam ruangan.

Menanam sayuran dalam ruangan tentu memberikan sejumlah manfaat, sama dengan menanamnya di luar rumah. 

Baca juga: 6 Cara Menanam Tanaman Sayur di Kebun agar Tumbuh Subur

Salah satunya, memungkinkan Anda terus memanen sayuran sepanjang tahun, bahkan pada musim terdingin sekalipun. Itu berarti awal musim dingin tidak harus mengakhiri panen sayuran.

Dengan alat, kondisi, ide kebun sayur, dan metode tepat, Anda dapat memanen beberapa varietas tanaman sayur favorit di dalam ruangan selama berbulan-bulan sebelum cuaca kembali mendukung.

Meski menanam sayuran dalam ruangan dalam wadah memiliki tantangan tersendiri, sepreti membutuhkan lebih banyak perawatan dan mungkin tidak menghasilkan banyak. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan untuk meraih kesuksesan besar.

Mulailah dengan memilih salah satu varietas tanaman sayur yang mudah tumbuh di dalam ruangan sehingga bisa tumbuh subur dan memanen sayuran dalam waktu singkat. 

Dikutip dari The Spruce, Senin (18/9/2023), berikut sejumlah tanaman sayur yang tumbuh subur di dalam ruangan

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Tempat Teduh   

Wortel (Daucus carota)

Ilustrasi menanam wortel, tanaman wortel. SHUTTERSTOCK/TATEVOSIAN YANA Ilustrasi menanam wortel, tanaman wortel.
Wortel adalah tanaman sayur yang mudah tumbuh dan tidak membutuhkan banyak perawatan. Menanam wortel di dalam wadah tidak hanya menjadi pilihan bagus untuk ditanam di dalam ruangan, tetapi juga memecahkan masalah saat mencoba menanamnya di tanah berbatu yang berat jika kondisi di luar ruangan tidak mendukung.

Varietas wortel yang lebih kecil adalah yang paling mudah ditanam di dalaam ruangan. Wortel membutuhkan lebih sedikit ruang dan matang lebih cepat.

Wadah yang panjang, seperti kotak jendela, sangat ideal untuk menanam wortel. Tutupi sedikit benih dengan lumut gambut yang lembap agar benih tidak mengering. 

Selain itu, jaga atanah tetap lembab, dan benih akan berkecambah dalam waktu dua minggu meski jumlah hari hingga matang akan tergantung pada varietas wortel yang ditanam. 

Baca juga: 10 Tanaman Sayur yang Tumbuh Cepat, Bisa Hemat Pengeluaran

Selada (Lactuca sativa)

Selanjutnya, tanaman sayur yang tumbuh subur di dalam ruangan adalah selada. Selada dan sayuran salad lainnya adalah tanaman sayur yang tumbuh cepat dan berakar dangkal sehingga tidak membutuhkan wadah yang dalam.

Pilihlah wadah tanam sedalam lima sampai 10 sentimeter, lalu isi dengan tanah lembap dan berdrainase baik. Taburkan benih selada dengan menekannya secara perlahan ke permukaan tanah, kemudian semprotakan sedikit air untuk menjaganya tetap lembap.

Anda akan melihat perkecambahan dalam waktu sekitar satu minggu. Biarkan tanaman tumbuh setidaknya 10-15 sentimeter sebelum mulai memanen. Potong atau cabut daun bagian luar dan biarkan bagian tengah tanaman selada terus tumbuh.  

Baca juga: 7 Tanaman Sayur Ini Tidak Boleh Ditanam Bersama, Kenapa?

Daun bawang (Allium fistulosum)

Ilustrasi menanam daun bawang di pot.SHUTTERSTOCK/PTICELOV Ilustrasi menanam daun bawang di pot.
Daun bawang menjadi tanaman sayur yang tumbuh subur di dalam ruangan, bahkan tidak memerlukan benih untuk memulainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com