Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan 6 Hal Ini Saat Menanam Sayuran Organik di Halaman Rumah

Kompas.com - 27/04/2023, 22:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertanian organik adalah teknik budidaya tanaman tanpa memakai pupuk kimia dan pestisida kimia. Sayuran organik yang ditanam di halaman rumah memungkinkan Anda memiliki stok sayuran sehat di lingkungan tempat tinggal.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (27/4/2023), sayuran organik adalah salah satu unsur dari makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi tiap hari karena selain serat yang terkandung di dalamnya, begitu pula sayuran banyak mengandung zat gizi yang diperlukan tubuh.

Dalam budidaya sayuran organik, untuk memperbaiki kesuburan tanah dan memenuhi nutrisi tanaman sebaiknya mengunkan pupuk kandang, pupuk hijau dan kompos yang terdiri dari berbagai macam bahan yang tersedia di alam.

Baca juga: Hemat Pengeluaran, Ini 8 Cara Menanam Sayuran di Rumah

Ilustrasi menanam sayuran dengan metode raised bed. SHUTTERSTOCK/PEREDNIANKINA Ilustrasi menanam sayuran dengan metode raised bed.

Pemeliharan tanah, memperbaiki kualitas sumber air dan lingkungan lahan pertanian merupakan salah satu kunci sukses pertanian organik.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menanam sayuran organik di halaman rumah.

1. Persyaratan kondisi lahan

Syarat utama yang diperlukan untuk menanam sayuran organik adalah kondisi lingkungan seperti tanah, udara dan air yang tidak tercemar bahan kimia, kualitas tanah yang baik, serta pengairan lokal yang mencukupi.

2. Persiapan lahan

Lahan disiapkan dengan membuat bedeng atau green house pada kebun sayur. Adapun penutupan dengan net atau jaring bertujuan untuk menghindari air hujan dan mencegah serangan hama.

Baca juga: 7 Tips Menanam Sayuran di Lahan Sempit agar Panennya Melimpah

3. Pemilihan jenis tanaman

Sebaiknya pilih sayuran dengan ketahanan serangan hama kuat seperti ketela, kangkung, daun selada atau sayuran yang mudah dibudidayakan seperti sawi putih, sawi dan baby pak choy, dan lain-lain.

4. Pengaturan pupuk

Berikut pupuk yang harus digunakan saat menanam sayuran organik di halaman rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com