Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayuran umbi sebagian besar ditanam untuk diambil bagian bawah tanahnya, seperti akar, umbi, rimpang, dan umbi.

Struktur ini penuh dengan karbohidrat dan air untuk tanaman serta kelezatan untuk dikonsumsi. Beberapa dari sayuran umbi adalah bahan pokok di dapur. 

Baca juga: Cara Menggunakan Air Rebusan Sayuran untuk Pupuk Rumput

Sedangkan, yang lainnya kurang umum ditemukan di sebagian besar kebun sayur di halaman belakang rumah, tetapi menambahkan variasi dan rasa luar biasa pada makanan.

Nah, berikut sejumkah jenis sayuran umbi terbaik untuk ditanam di kebun rumah dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (28/8/2023).

Wortel

Ilustrasi menanam wortel, tanaman wortel. SHUTTERSTOCK/TATEVOSIAN YANA Ilustrasi menanam wortel, tanaman wortel.
Wortel adalah tanaman musim dingin. Taburkan benih langsung di kebun, beri jarak sekitar 2,5 sentimeter atau ditaburkan tipis-tipis.

Benihnya kecil dan lambat berkecambah sehingga akan sangat membantu jika Anda mencampurkan beberapa biji lobak dan biji wortel.

Lobak menjadi tanaman pendamping yang baik karena berkecambah dengan cepat untuk menandai barisan dan membantu mencegah pengerasan tanah. Lobak akan hampir siap dipanen ketika wortel baru saja mulai tumbuh.

Tipiskan jarak antara wortel sekitar lima sentimeter serta jaga tanah tetap lembap dan bersih dari gulma. Anda dapat membuat mulsa untuk membantu mempertahankan kelembapan dan menekan gulma.

Wortel kecil dapat dipanen dengan mencabutnya satu per satu. Wortel yang lebih besar mungkin membutuhkan garpu kebun untuk mengangkatnya tanpa merusak akarnya. 

Baca juga: Cara Mencuci Buah dan Sayuran Menurut Pakar Keamanan Pangan

Bawang putih

Ilustrasi menanam bawang putih di dalam ruangan.Shutterstock/LarisaL Ilustrasi menanam bawang putih di dalam ruangan.
Selanjutnya, sayuran umbi terbaik untuk ditanam di kebun adalah bawang putih. Ini adalah tanaman umbi-umbian dalam arti kita memanen struktur bawah tanahnya yang dapat dimakan, tetapi secara teknis itu adalah umbi, bukan akar.

Umbi terdiri atas beberapa "siung", yang dipisahkan dan ditanam satu per satu. Sebelum menanam bawang putih, gali parit sedalam 12-14 sentimeter dan tambahkan pupuk yang seimbang di dalam alur, lalu tutupi pupuk dengan sekitar delapan sentimeter tanah.

Setelah itu, taruh siung bawang putih dengan ujung runcing ke atas di parit yang sudah terisi sebagian, beri jarak 10-15 sentimeter. Tutupi siung bawang putih dengan tanah dan mulsa dengan baik.

Jika menanam bawang putih lebih dari satu baris, beri jarak antarbaris 20-30 sentimeter. 

Bawang putih harus dipanen pada musim panas berikutnya ketika daun mulai menguning dan pucuknya mulai rontok. 

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Tempat Teduh

Kentang 

Ilustrasi kentang, tanaman umbi yang banyak dijumpaiSHUTTERSTOCK/NEDNAPA Ilustrasi kentang, tanaman umbi yang banyak dijumpai
Kentang ditanam dari "potongan biji", yaitu potongan umbi yang telah dipotong untuk mendapatkan setidaknya satu sampai dua mata atau kecambah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com