Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman Lili Paris dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 17/09/2023, 09:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman lili paris atau tanaman laba-laba alias spider plant adalah jenis tanaman yang banyak dipilih sebagai tanaman hias. Tanaman ini memiliki daun sulur panjang seperti kaki laba-laba.

Lili paris juga merupakan salah satu tanaman pembersih udara. Tanaman ini tumbuh subur di tanah yang asam.

Dilansir House Digest, Minggu (17/9/2023), untuk menjaga kesuburan tanaman lili paris, Anda bisa menggunakan ampas kopi sebagai pupuk alami. Ampas kopi memiliki pH sedikit asam, berfungsi sebagai pupuk alami dan penstabil tanah bagi tanaman lili paris.

Baca juga: Kapan Harus Menyiram Tanaman Lili Paris? Ini yang Harus Diperhatikan

Ampas kopi tidak disarankan untuk dipakai ulang. Bahan ini lebih baik digunakan untuk membuat pupuk dan scrub.SHUTTERSTOCK/Ani Fathudin Ampas kopi tidak disarankan untuk dipakai ulang. Bahan ini lebih baik digunakan untuk membuat pupuk dan scrub.

Nitrogen dalam ampas kopi terutama ditemukan dalam protein dan molekul organik lainnya yang tidak tersedia bagi tanaman sampai mikroorganisme tanah memecahnya menjadi ion-ion sederhana.

Akibatnya, nitrogen dalam bubuk kopi terlepas secara perlahan seiring waktu seiring dengan kebutuhan tanaman, kata Lisa Ogden, seorang aktivis konservasi dalam Barnyards & Backyards.

Selain itu, manfaat ampas kopi lainnya adalah pencegah hama yang hebat. Anda dapat menjaga tanaman lili paris tetap sehat dan bebas hama dengan menaburkan ampas kopi ke dalam potnya.

Secara alami ampas kopi kaya akan kafein dan senyawa yang dikenal sebagai diterpen, yang keduanya sangat beracun bagi serangga, ampas kopi adalah pertahanan sempurna melawan hama yang menyerang tanaman lili paris, seperti tungau, kutu daun, kutu sisik, dan lalat.

Baca juga: 3 Penyakit Tanaman Lili Paris: Penyebab, Gejala, dan Cara Mencegahnya

Cara menggunakan ampas kopi untuk mencegah hama tanaman lili paris

Meskipun kita menyukai kopi karena rasanya yang kuat dan kualitas aromanya, hama yang suka menyerang tanaman lili paris akan langsung terhalang oleh kehadirannya di dalam tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com