Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Warna Sage Green

Kompas.com - 07/09/2023, 14:25 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sage green menghadirkan kesan sejuk dan menenangkan pada ruangan. Warna serbaguna ini juga mudah dipadukan dengan dekorasi yang ada atau digunakan sebagai dasar untuk tampilan baru.

Corban De La Vega, Chief Marketing Officer di Decor Matters, mengatakan sage green merupakan warna kalem dan earthy, yang dapat menciptakan estetika tenang serta netral.

Baca juga: 12 Ide Dekorasi Kamar Tidur Warna Sage Green yang Menenangkan

"Warna ini dapat digunakan di dinding, di kamar tidur sebagai selimut, di dapur sebagai tanaman hias, di kamar mandi sebagai ubin, dan masih banyak lagi. Sage green sangat serbaguna," katanya.

Apabila tertarik menerapkannya di rumah, dikutip dari Woman and Home, Kamis (7/9/2023), berikut sejumlah cara mendekorasi ruangan dengan warna sage green.

Hidupkan dinding dengan sage green

Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat sage green.Shutterstock/Followtheflow Ilustrasi ruang keluarga dengan warna cat sage green.
Sage green banyak dipilih sebagai warna untuk ruang tamu, ruang keluarga, dan kamar tidur. Untuk menciptakan transisi mulus dari dalam ke luar ruangan, warna sage green juga ideal untuk dinding di ruangan yang memiliki hubungan kuat dengan alam.

Ruang taman adalah tempat ideal untuk menikmati warna sage green terang untuk membantu membawa alam bebas ke dalam ruangan.

Ruangan yang mendapatkan banyak cahaya alami dapat membuat warna tersebut terasa lebih hidup tanpa terlihat berlebihan.

Baca juga: 7 Inspirasi Dekorasi Dapur dengan Warna Sage Green

Lemari dapur sage green

Memilih warna hijau untuk kabinet dapur membantu ruangan tetap terang dan cerah.

Andy Briggs, desainer interior di Optiplan Kitchens, mengatakan jika tidak ingin menambahkan percikan warna sage green ke seluruh desain dapur, cobalah menggunakan satu warna untuk lemari bawah dan warna berbeda untuk lemari dinding. 

Menurutnya, ini adalah cara tepat menggunakan warna netral dan warna lebih cerah dalam satu ruang.

Baca juga: 11 Tanaman Hias Berwarna Sage Green yang Dapat Mempercantik Rumah  

Tambahkan aksen hangat

Selanjutnya, cara mendekorasi ruangan dengan warna sage green adalah menambahkan aksen hangat, seperti emas, kuningan, dan tembaga untuk mengimbangi temperatur skema warna secara keseluruhan.

"Pilih aksesori beraksen metalik hangat, seperti cermin dan sakelar lampu, dari kuningan dan tembaga," kata Annie Sloan, ahli warna dan cat.

Di ruang tamu atau kamar tidur, tambahkan meja berbingkai kuningan.

Memadukan unsur-unsur alam

Warna-warna earthy berpadu baik dan saling melengkapi. "Untuk insipirasi skema warna, cukup bayangkan alam dan semua warna indah yang ditemukan di antara tanaman hijau di taman," ujar Jennifer Kay, desainer interior dan pemilik Mini Interior Design Company.

Memadukan warna sage green dengan warna netral dan furnitur yang dibuat dari kayu, batu, hingga tanah liat akan memperkuat kesan alami. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Kamar Tidur Warna Hijau, Hadirkan Nuansa Teduh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com