Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2023, 19:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gunting taman merupakan salah satu alat pertanian yang fungsinya penting. Alat ini digunakan untuk memangkas tanaman agar tumbuhnya maksimal.

Gunting kebun harus tajam agar tidak sulit saat digunakan untuk memotong ranting tanaman yang keras. Gunting yang tajam juga bisa membuat potongan rapi dan tidak menyebabkan kerusakan pada jaringan tanaman.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (6/9/2023), langkah-langkah untuk mengasah gunting taman yaitu membongkar, membersihkan, mengasah, memasang kembali, dan memberikan minyak pelumas.

Baca juga: Cara Mudah Menajamkan Kembali Gunting yang Sudah Tumpul

Cara mengasa gunting taman cukup mudah. Namun, harus dilakukan dengan hati-hati untuk mencegah kecelakaan kerja. Jika Anda ingin mengasah gunting taman, simak penjelasannya berikut ini.

Alat dan bahan

Gunting tamanShutterstock/Minerva Studio Gunting taman

  • Kunci pas
  • Amplas
  • Lap
  • Alkohol
  • Air panas
  • Sabun
  • Alat pengasah
  • Wol baja
  • Pelarut karat
  • Oli

Bongkar gunting

Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu membongkar gunting tersebut dengan cara mengendurkan bautnya. Putar kunci berlawan arah jarum jam sampai baut terlepas.

Baca juga: Mudah dan Cepat, Ini Cara Menajamkan Gunting yang Tumpul

Kumpulkan baut-baut tersebut dan pastikan untuk menyimpan baut berdasarkan urutan pemasangannya agar nantinya tidak kesulitan saat memasangnya kembali.

Sebagai tips, sebaiknya gunting dibongkar di atas meja datar agar baut dan komponen lain tidak mudah menggelinding.

Bersihkan seluruh bagian gunting

Setelah dibongkar, seluruh bagian gunting perlu dibersihkan dari sisa tanaman, getah, atau kotoran lain yang masih menempel. Kotoran-kotoran inilah yang membuat gunting menjadi tidak tajam dan sulit saat digunakan.

Anda dapat menggunakan air sabun dicampur dengan air panas untuk membersihkannya. Kemudian gunakan lap untuk mengangkat nodanya.

Jika terdapat getah yang menempel dan sulit dibersihkan, Anda bisa membersihkannya menggunakan alkohol.

Baca juga: Cara Menajamkan Gunting yang Sudah Tumpul

Apabila terdapat karat, Anda bisa menggunakan sabut baja dan pelarut yang bisa membersihkan karat. Lalu menggosoknya sampai karat tersebut hilang. Setelah semuanya bersih, bilas seluruh bagian gunting dengan air dan keringkan.

Asah bilah gunting

Untuk mengasah gunting, Anda bisa menggunakan alat pengasah. Sedangkan bagian tepinya bisa ditajamkan menggunakan amplas.

Memangkas tanaman menggunakan gunting tamanShutterstock/Serhii Bobyk Memangkas tanaman menggunakan gunting taman

Lakukan pengasahan secara perlahan dan dengan hati-hati. Proses pengasahan memerlukan waktu yang cukup lama.

Selama mengasah, lakukan pengecekan berulang untuk memastikan seluruh bagian sudah tajam.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Karat pada Gunting dan Pisau

Memberi minyak pelumas dan memasang seluruh komponen gunting taman

Tahapan mengasah gunting taman yang terakhir yaitu mengoleskan minyak pelumas dan pasang kembali komponen gunting taman. Minyak pelumas diperlukan agar gunting bisa lebih nyaman saat digunakan.

Setelah seluruh bagian sudah diberi pelumas, pasang kembali baut dan komponen lain. Lalu kencangkan agar bisa digunakan untuk kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com