Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Botol Baru, Bisa Pakai Cuka dan Soda Kue

Kompas.com - 06/09/2023, 15:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Botol minum plastik yang baru biasa memiliki aroma yang kurang sedap. Aroma ini sebenarnya bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, jika ingin segera menggunakannya, Anda perlu mencuci botol tersebut terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.

Dilansir dari Get Set Clean, Rabu (6/9/2023), aroma pada botol baru bisa dihilangkan dengan mencucinya menggunakan cuka atau baking soda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Botol Kaca Pakai Bahan-bahan di Dapur

Cara mencuci botol baru menggunakan cuka

Cuka termasuk bahan dapur yang mudah didapatkan. Selain memberikan rasa asam pada makanan, cuka juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada botol baru.

Caranya dengan mencuci botol dengan air hangat. Kemudian, isi botol dengan air bersih dan tambahkan 2 sendok makan cuka.

Ilustrasi mencuci botol air minum.SHUTTERSTOCK/HALYNA TYMOCHKO Ilustrasi mencuci botol air minum.

Berikutnya, kocok dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, buang larutan tersebut dan bilas dengan air bersih dan air hangat sampai bau cuka hilang. Keringkan botol sekitar 20 menit dan simpan di tempat bersih.

Cara mencuci botol baru menggunakan soda kue

Selain cuka, soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada botol baru. Caranya dengan melarutkan 2 sendok makan ke dalam sedikit air sampai membentuk pasta.

Baca juga: Simak, 4 Cara Mencuci Botol Minum Stainless Steel

Oleskan pasta tersebut menggunakan spons dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu, bilas dengan air hangat sampai semua pasta benar-benar hilang.

Terakhir, keringkan botol dengan menjemur di bawah sinar matahar hari atau menyimpan di bawah kipas angin.

Cara membersihkan sedotan pada botol

Terkadang, ada botol yang dilengkapi dengan sedotan. Biasanya, botol ini digunakan oleh anak-anak yang baru belajar menggunakan alat makan sendiri.

Sedotan pada botol minum juga harus dibersihkan dengan benar. Dilansir dari Better Homes & Gardens, sedotan pada botol bisa bersihkan menggunakan sikat jerami.

Kemudian, basahi dengan air hangat. Gunakan sedikit sabun cuci piring dan gosok seluruh bagia sedotan. Lalu, bilas dengan air bersih.

Jika masih kurang bersih, Anda bisa menambahkan soda kue dan bilas kembali sampai semua permukaan sedotan bersih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com