Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bahayanya jika Tidak Mencuci Botol Minum Setiap Hari

Kompas.com - 26/05/2023, 17:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita menggunakan botol minum setiap hari. Menggunakan botol minum adalah salah satu cara mengurangi sampah plastik yang berasal dari botol air minum dalam kemasan.

Namun, ada saja di antara kita tidak mencuci botol minum setiap hari setelah digunakan. Padahal, ini adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari.

Nah, apa bahayanya jika tidak mencuci botol minum setiap hari? Dikutip dari Food Network, Jumat (26/5/2023), berikut penjelasannya.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Botol Air Minum?

Mencuci peralatan makan hingga bersih sebelum digunakan adalah salah satu cara mencegah hepatitis A.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Mencuci peralatan makan hingga bersih sebelum digunakan adalah salah satu cara mencegah hepatitis A.

Lisa Cuchara, profesor PhD ilmu biomedis di Quinnipiac University di Connecticut, AS menegaskan apa yang selalu Anda takuti tentang minum dari botol minum yang tidak dicuci secara teratur.

Bakteri bisa memenuhi botol minum Anda. Bakteri dari bak cuci piring, bakteri yang tumbuh subur di keringat, bakteri yang mengembangkan biofilm, bakteri yang dapat membuat Anda sakit, bakteri  E. coli, dan bahkan bakteri yang kebal antibiotik, jelas Cuchara.

Biofilm adalah lapisan bakteri berlendir di permukaan yang mungkin sudah Anda perhatikan terbentuk di botol minum.

Menurut Cuchara dan sebuah studi oleh Treadmill Reviews, minum dari botol minum yang kotor rata-rata lebih dari 100 kali lebih buruk daripada menjilati mainan kunyah favorit hewan peliharaan Anda.

Baca juga: 2 Cara Menghilangkan Bau dan Rasa Kopi di Botol Minum

Saat memilih botol minum, hindari botol dengan bukaan mulut kecil dan tutup pop atau perosotan yang perlu Anda pegang untuk membukanya.

Cuchara menyarankan botol minum stainless steel mulut lebar. Semakin kecil jumlah permukaan tempat bakteri bersembunyi dan tumbuh, semakin baik, ucapnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com