Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengusir Lalat dari Rumah dengan Bahan Alami

Kompas.com - 04/09/2023, 10:00 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat merupakan hama yang sering muncul di rumah. Meski tidak menggigit, kemunculan lalat di rumah membawa jutaan mikroorganisme yang dapat menyebarkan penyakit, mencemari makanan, serta mengganggu kenyamanan dan aktivitas. 

Ada tiga penyebab lalat muncul di rumah. Pertama, makanan. Lalat tertarik pada sisa-sisa makanan yang sudah membusuk dan bau, sampah, dan kotoran. 

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Lalat yang Dapat Ditanam di Rumah

Kedua, mencari tempat berkembang biak. Lalat bertelur di bahan organik yang lembap, seperti tempat sampah, pupuk kandang, kompos, atau tumbuhan yang membusuk.

Ketiga, celah atau bukaan di rumah. Lalat dapat memasuki rumah melalui jendela atau pintu yang tidak dilapisi atau bukaan lain yang tidak tertutup rapat untuk mencari makanan dan kehangatan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kehadiran lalat di rumah dapat dengan mudah diusir. Dilansir dari Real Simple, Senin (4/9/2023), berikut cara mengusir lalat dari rumah dengan bahan alami. 

Baca juga: Cara Membuat Perangkap Lalat Buah di Rumah dengan Bahan Alami

Perangkap cuka dan sabun cuci piring

Ilustrasi sabun cuci piring.SHUTTERSTOCK/OLGA MILTSOVA Ilustrasi sabun cuci piring.
Campurkan cuka sari apel dan sabun cuci piring dengan perbandingan sama, lalu masukkan larutan ke mangkuk atau stoples, taburkan gula di atasnya. 

Cuka sari apel dan gula berfungsi menarik lalat untuk datang, sedangkan sabun cuci piring akan membunuhnya ketika masuk ke perangkap. 

Tanaman herbal

Tanaman herbal dapat menjadi cara mengusir lalat dari rumah, seperti kemangi, mint, dan daun salam. Aroma dari tanaman herbal tersebut tidak disukai lalat sehingga serangga ini akan menjauh dari rumah Anda. 

Letakkan tanaman herbal di jendela dan di dekat pintu depan rumah atau pintu masuk yang sering menjadi tempat utama lalat masuk ke hunian. 

Baca juga: 4 Cara Mencegah Lalat Buah di Dapur, Mudah Dilakukan 

Minyak esensial

Minyak esensial beraroma atau terbuat dari lavender, peppermint, eucalyptus, dan serai juga dapat membasmi lalat di rumah. 

Campurkan beberapa tetes minyak esensial dengan air dan semprotkan di area rumah yang menjadi tempat lalat muncul.  

Baca juga: Cara Mencegah dan Membasmi Lalat Buah di Rumah

Kertas lalat

Ilustrasi lalat.Shutterstock/Vinicius R. Souza Ilustrasi lalat.
Cara mengusir lalat dari rumah dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan kertas lalat. Kertas ini dapat menjebak dan membunuh lalat di rumah.

Gantungkan kertas tempel dua sisi di tempat berkumpulnya lalat. Lalat akan tertarik dan terjebak atau menempel di kertas lalat.

Anda dapat membuang kertas setelah semua lalat tertangkap atau memasang kertas lalat yang baru secara berkala jika masih melihat adanya lalat yang masuk. 

Jika cara alami ini tidak ampuh, Anda bisa menggunakan perangkap lalat elektrik untuk mengusir lalat rumah.

Perangkap elektrik bekerja menarik lalat ke cahaya di bagian belakang perangkap dan menjebaknya atau menggunakan sengatan listrik untuk membunuhnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com