Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2023, 22:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pakcoy adalah salah satu jenis sawi ini banyak disukai karena rasanya yang enak dan kaya nutrisi. Pakcoy bisa diolah sebagai makanan atau bahkan minuman yang menyehatkan.

Selain rasa yang enak, pakcoy juga termasuk sayuran yang mudah dibudidayakan. Bahkan, tanaman ini bisa tumbuh di kebun belakang rumah.

Perawatan sayuran ini juga relatif mudah, sehingga siapa saja bisa menanamnya sendiri di rumah. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (3/9/2023), berikut cara menanam pakcoy dengan benar agar cepat tumbuh.

Baca juga: Langkah-langkah Menanam Baby Pakcoy di Rumah

Persiapan lahan tanam

Kebun yang akan ditanami perlu diolah terlebih dahulu agar tanahnya gembur dan siap ditanami. Setelah itu, buat bedengan tempat menanam pakcoy dengan lebar kurang lebih 2 meter.

Ilustrasi menanam pakcoySHUTTERSTOCK/PENGEJAR SENJA Ilustrasi menanam pakcoy

Di antara bedengan, buat saluran air dengan lebar 50 cm agar drainase lancar. Setelah itu, berikan kompor untuk meningkatkan kesuburan tanah.

Pembibitan

Benih pakcoy bisa diperoleh di toko pertanian terdekat. Sebelum ditanam di bedengan, benih perlu disemai dalam polybag atau tray semai terlebih dahulu.

Media semai yang digunakan bisa menggunakan campuran tanah dan kompos. Setelah itu, taburkan benih di atas media tanam tersebut dan tutup tipis dengan tanah.

Baca juga: Langkah Menyemai Benih Pakcoy untuk Ditanam secara Hidroponik

Lakukan penyiraman dengan rutin, sampai benih tumbuh dan memiliki daun 3 hingga 5 helai daun. Pada saat itu, bibit sudah bisa dipindahkan ke bedengan.

Penanaman

Sebelum ditanami, bedengan perlu dibuat lubang tanam terlebih dahulu berukuran kurang lebih 4 x 6 cm. Kemudian, masukkan bibit pakcoy dan tutup lubang tanamnya menggunakan tanah. Padatkan tanah penutup agar bibit tidak rebah.

Perawatan tanaman

Perawatan tanaman pakcoy yang perlu dilakukan yaitu melakukan penyiraman secara rutin, terutama saat menanam di musim kemarau. Lakukan juga penjarangan tanaman apabila tanaman pakcoy tumbuh terlalu rapat.

Baca juga: Cara Menanam Sawi Menggunakan Botol Plastik Bekas

Ilustrasi pakcoy atau sawi sendokPIXABAY/METSIKGARDEN Ilustrasi pakcoy atau sawi sendok

Jika terdapat gulma, segera cabut gulma tersebut agar tidak mengganggu pertumbuhan pakcoy. Untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman, berikan pupuk NPK atau Urea dengan cara ditabur atau dilarutkan ke dalam air, kemudian semprotkan ke tanaman.

Sementara itu, saat terdapat serangan hama maupun penyakit, segera lakukan pengendalian agar tanaman tidak rusak dan panennya maksimal.

Pemanenan

Pakcoy termasuk tanaman yang umur panennya singkat. Biasanya, sayuran ini bisa dipanen setelah berumur 45 hari.

Baca juga: Cara Menanam Caisim atau Sawi Hijau di Pekarangan Rumah

Cara panennya cukup dengan mencabut tanaman tersebut. Kemudian, buang bagian akarnya dan bersihkan dengan mencuci menggunakan air mengalir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com