Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2023, 20:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang binatu adalah ruang khusus yang dibuat untuk tempat mencuci dan menyetrika pakaian. Ruangan ini biasanya terletak di area belakang rumah.

Meskipun berada di belakang rumah, keindahan ruangan ini sebaiknya tidak diabaikan. Salah satu cara untuk memperindah ruang binatu atau laundry room yaitu dengan menempatkan pintu yang tepat.

Selain menjadi pembatas antar ruangan, pintu juga menjadi area pertama yang dilihat sebelum memasuki sebuah ruangan. Maka dari itu, pemilihan pintu untuk ruang binatu tidak boleh sembarangan.

Baca juga: Bersih dan Nyaman, Ini 5 Warna Terbaik untuk Laundry Room

Ada banyak pilihan pintu yang cocok untuk ruang binatu. Dilansir dari The Spruce, Minggu (3/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Pintu kontemporer

Jenis pintu pertama yang cocok untuk ruang binatu yaitu pintu kontemporer. Gaya pintu ini bisa dibuat transparan dengan bagian bingkai berwarna hitam.

Ilustrasi ruang cuci atau ruang binatuSHUTTERSTOCK/JR-STOCK Ilustrasi ruang cuci atau ruang binatu

Sedangkan pegangannya dibuat ramping berwarna kuning agar terlihat lebih modern. Pintu yang transparan membuat interior dalam rumah bisa terlihat dari luar.

Pintu saku

Apabila ruang binatu yang dimiliki sempit, jenis pintu yang bisa dipilih yaitu pintu saku. Pintu ini dibuka tutup dengan cara digeser, sehingga tidak memakan banyak ruang.

Pegangan hitam membuat pintu ini semakin indah. Pintu saku juga bisa membuat area binatu menyatu dengan ruangan lain.

Pintu berpanel

Pintu berpanel bisa menambahkan kedalaman dan kontras visual pada ruangan. Pintu panel bening cocok dipadukan dengan bingkai kayu.

Baca juga: 4 Jenis Pintu yang Cocok untuk Ruang Kecil, Bikin Tampak Luas

Penggunaan pintu ini memberikan kesan sederhana. Pintu ini sangat cocok dipadukan dengan lantai bata yang membuat suasana ruangan binatu semakin hangat.

Pintu kaca

Salah satu cara yang mudah untuk memperluas ruangan yaitu dengan menggunakan pintu kaca. Jenis pintu ini juga bisa membuat cahaya lebih banyak masuk ke dalam ruangan, sehingga cocok ditempatkan pada ruang binatu. Bingkai pintu berwarna gelap membuat pintu ini semakin indah.

Pintu setengah kaca

Jika tidak ingin menggunakan pintu kaca sepenuhnya, Anda bisa menggunakan pintu setengah kaca. Pintu ini bisa menjaga privasi sekaligus membuat cahaya tetap masuk ke dalam ruangan.

Pada bagian bawah pintu ini biasanya terdapat kotak yang berguna sebagai ventilasi udara. Dengan demikian, ruangan terasa sejuk.

Baca juga: 5 Jenis Pintu Kaca untuk Rumah dan Plus Minusnya

Pintu kaca geser

Pintu kaca geser juga menjadi salah satu jenis pintu yang cocok untuk ruang binatu. Pintu ini membuat ruangan tersebut lebih menonjol dan mewah.

Ruang binatu di dalam lemariShutterstock/Beyond Time Ruang binatu di dalam lemari

Pada pintu tersebut bisa dipasang tirai anti tembus pandang, sehingga privasi tetap terjaga dan membuat ruangan lebih estetik.

Pintu lemari

Jika Anda tidak memiliki banyak ruangan, maka lemari bisa dimanfaatkan sebagai area cuci baju. Anda bisa menggunakan lemari tinggi, kemudian bagian bawahnya digunakan untuk menyimpan mesin cuci satu tabung yang ukurannya kecil.

Sedangkan bagian atasnya bisa digunakan untuk menyimpan pakaian atau menyetrika pakaian. Mesin cuci dan area penyimpanan bisa ditutup dengan pintu lemari, sehingga saat tidak digunakan terlihat rapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com