Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2023, 14:53 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Siti Nur Aeni

Tim Redaksi

Sumber All Modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Area pintu masuk rumah merupakan hal pertama yang dilihat para tamu saat memasuki rumah. Selain itu, area ini juga menyambut Anda ketika kembali ke rumah.

Karena itu, penting mendekorasi area tersebut sebaik mungkin agar terlihat menarik. Ada berbagai cara untuk mendekorasi area pintu masuk agar menarik sekaligus fungsional, bahkan jika area tersebut cukup terbatas.

Dikutip dari All Modern, Minggu (3/9/2023), berikut sejumlah ide mendekorasi area pintu masuk rumah agar terlihat menarik. 

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Cermin di Area Pintu Masuk Rumah

Pencahayaan

Percantik area pintu masuk dengan chandelier modern. Pilih lampu gantung globe untuk melengkapi cermin dinding bundar, atau pilih lampu gantung logam geometris untuk mendapatkan garis dan sudut tajam.

Ilustrasi lampu yang terletak di area pintu masuk rumah atau foyer.Shutterstock/Ursula Page Ilustrasi lampu yang terletak di area pintu masuk rumah atau foyer.

Chandelier adalah ide dekorasi sederhana untuk area pintu masuk. Untuk area pintu masuk yang langit-langitnya rendah, pilihlah sconce yang ditempatkan di kedua sisi pintu.

Letakkan karpet cerah

Ide mendekorasi area pintu masuk berikutnya yaitu dengan meletakkan karpet cerah. Selain membuat area pintu masuk semakin indah, karpet juga membuat suasana rumah terlihat nyaman, terutama bagi tamu yang baru datang ke rumah tersbeut.

Jika area pintu masuk sempit, karpet runner bisa menjadi pilihan. Carilah karpet dengan bahan tahan lama seperti wol, rami, atau sisal.

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Karpet

Karya seni

Hadirkan warna-warna cerah dan dekorasi menarik pada area pintu masuk dengan menambahkan karya seni, seperti lukisan.

Pilihlah beberapa ukuran berbeda dan gantungkan secara vertikal maupun horizontal. Hal ini menciptakan daya tarik visual dan memberikan solusi mudah untuk dinding kosong atau tangga. 

Ciptakan daya tarik dengan ubin lantai

Jaga agar dinding area pintu masuk tetap netral dan alihkan perhatian ke lantai. Ubin lantai dengan pola rumit dan skema warna mencolok bisa menjadi pilihan untuk area pintu masuk.

Pilih ubin lantai bergaya Maroko atau berpola untuk mendapatkan dampak maksimal, atau pilih tampilan halus, namun tetap menarik perhatian dengan ubin seperti marmer.

Wallpaper

Memasang wallpaper juga bisa menjadi salah satu ide mendekorasi area pintu masuk rumah. Wallpaper adalah cara tepat menghadirkan warna dan daya tarik pada area pintu masuk.

Pilih warna-warna cerah, pola dinamis, atau warna netral. Namun, wallpaper harus disesuaikan dengan konsep desain interior rumah. 

Ilustrasi cermin di area pintu masuk rumah atau foyer.Shutterstock/Sheila Say Ilustrasi cermin di area pintu masuk rumah atau foyer.

Baca juga: Wallpaper atau Cat, Mana yang Lebih Bagus untuk Dinding Rumah?

Gunakan cermin

Utamakan fungsionalitas saat mendekorasi area pintu masuk. Gantungkan cermin dinding di area pintu masuk untuk memeriksa penampilan sebelum keluar dari pintu.

Anda juga dapat berkreasi dengan mendesain dinding galeri dengan beberapa cermin berbagai ukuran. Untuk tampilan sederhana, sandarkan cermin dinding persegi ke dinding di atas meja konsol.

Ciptakan kedalaman dengan bentuk

Atur area pintu masuk bergaya modern dengan dekorasi dan perabot yang memiliki bentuk dan garis geometris. Padukan bentuk melengkung dan garis-garis tajam untuk menciptakan dimensi dan keseimbangan.

Sebagai contoh, pilih cermin dinding bulat atau lampu meja dengan kubah metalik. Letakkan beberapa buku di atas meja konsol untuk menyeimbangkan dekorasi melengkung dengan garis lurus.

Baca juga: 10 Ide Desain Dapur Modern Bergaya Skandinavia, Nyaman dan Hangat

Tanaman hias

Buat transisi yang mulus dari luar rumah dengan tanaman hias. Letakkan beberapa tanaman kecil seperti Chinese money plant, kaktus, atau sukulen di atas meja konsol.

Tempatkan pothos di tepi rak apung, dan tanaman hias besar seperti monstera, ara daun biola dan palem di sudut seberang pintu untuk tampilan menyegarkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com