Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinding Vs Langit-langit, Mana yang Sebaiknya Dicat Lebih Dulu?

Kompas.com - 17/08/2023, 16:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengecat dinding rumah, seperti mengukur ruangan. Namun, Anda mungkin mengabaikan langit-langit rumah.

Begitu Anda mengaplikasikan lapisan cat baru ke dinding, Anda akan segera melihat perbedaannya di atas Anda. Inilah sebabnya mengapa langit-langit harus selalu disertakan setiap kali Anda mempertimbangkan untuk mengecat ruangan.

Akan tetapi, pertanyaannya adalah, mana yang harus dicat terlebih dahulu? Apakah dinding atau langit-langit ruangan?

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Mengecat Pintu Masuk Rumah dengan Warna Hitam

Ilustrasi mengecat dinding.SHUTTTERSTOCK/ZEDWARD_INDY Ilustrasi mengecat dinding.

Dikutip dari House Digest, Kamis (17/8/2023), dengan cara kerja gravitasi, sebaiknya mulai dengan langit-langit. Ini berarti Anda harus memastikan memiliki cukup cat yang disiapkan untuk permukaan di atas Anda.

Anda mungkin mempertimbangkan untuk melewatkan langit-langit, tetapi begitu Anda mengaplikasikan warna segar ke dinding, Anda akan melihat bahwa langit-langit terlihat kusam dan pudar jika dibandingkan. Bahkan mungkin menguning seiring berjalannya waktu.

Dengan mengecat langit-langit terlebih dahulu, Anda akan menciptakan ruang yang menyatu dan mulus yang terasa segar dan baru.

Langkah pertama dalam mengecat ruangan adalah mengecat langit-langit. Saat Anda mengecat, Anda akan menemukan beberapa semprotan yang menempel di dinding, menetes ke bawah.

Baca juga: Cara Mengecat Ulang Pintu dan Trim Rumah

Ini pada dasarnya tidak dapat dihindari dengan langit-langit, tetapi jika Anda mengecatnya terlebih dahulu, Anda dapat dengan cepat menyembunyikan masalah apa pun setelah waktunya mengecat dinding.

Anda juga mungkin menemukan bahwa langit-langit lebih sulit untuk dicat. Jadi, selamatkan diri Anda dari frustrasi dengan berfokus pada area ini terlebih dahulu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com