Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Kulit Daun Lidah Buaya Bisa Jadi Pembasmi Serangga Alami

Kompas.com - 17/08/2023, 14:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Earth com

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah buaya sejak lama tidak hanya dikenal sebagai tanaman hias, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lidah buaya terkenal karena kemampuannya untuk mengobati masalah kulit, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan menyembuhkan luka.

Lidah buaya sering ditanam sebagai tanaman hias dan relatif mudah dirawat. Tanaman ini lebih menyukai tanah yang menyerap air dengan baik dan dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dan teduh parsial.

Tanaman lidah buaya tahan kekeringan, membutuhkan penyiraman minimal.

Baca juga: 7 Penyebab Tanaman Lidah Buaya Menguning

Ilustrasi tanaman lidah buaya. SHUTTERSTOCK/NOOMSITIRACHT Ilustrasi tanaman lidah buaya.

Namun, sebuah studi menemukan bahwa kulit daun lidah buaya yang sering dianggap sebagai limbah pertanian, dapat memainkan peran penting dalam menangkal serangga, menjadikannya sebagai insektisida alami yang manjur.

Dikutip dari Earth.com, Kamis (17/8/2023), para peneliti akan mempresentasikan temuan mereka tersebut pada pertemuan American Chemical Society (ACS) musim gugur tahun ini.

Menurut Debasish Bandyopadhyay, pimpinan studi tersebut, memungkinan jutaan ton kulit lidah buaya dibuang secara global setiap tahun. Pihaknya ingin menemukan cara untuk menambah nilai kulit daun lidah buaya dan membuatnya berguna.

Selama kunjungan ke fasilitas produksi lidah buaya lokal, Bandyopadhyay dan tim dari University Of Texas Rio Grande Valley, AS membuat pengamatan yang menarik. Sementara serangga mendatangkan malapetaka pada tanaman lain, mereka secara mencolok menghindari daun lidah buaya.

Baca juga: Mengapa Tanaman Lidah Buaya Layu? Kenali Penyebabnya

Pengamatan ini mengarah pada teori potensial. Bandyopadhyay meminta izin kepada CEO fasilitas produksi untuk memeriksa kulit daun lidah buaya yang dibuang di laboratoriumnya.

Banyak orang telah menggunakan gel lidah buaya sebagai komponen pestisida alami, sering kali mencampurnya dengan bahan pedas seperti bawang merah dan bawang putih. Namun, tak banyak diketahui tentang manfaat kulit daun lidah buaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com