Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Bak Cuci Piring Harus Dibersihkan?

Kompas.com - 17/08/2023, 13:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak orang di dapur adalah jarang membersihkan bak cuci piring. Padahal, bak cuci piring adalah salah satu tempat paling kotor di dapur.

Bak cuci piring digunakan untuk mencuci peralatan makan dan masak, membilas daging mentah, membuang cairan yang tidak diinginkan, dan menampung piring berminyak. Namun demikian, seberapa sering harus membersihkan bak cuci piring?

Anda perlu membersihkan bak cuci piring setidaknya seminggu sekali untuk kebersihan yang optimal.

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air Bak Cuci Piring Mampet, Pakai Cuka

Ilustrasi membersihkan bak cuci piring stainless steel.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan bak cuci piring stainless steel.

Meskipun banyak makanan disiapkan di dekat bak cuci piring, area ini dapat menampung lebih banyak bakteri daripada kamar mandi.

Ada lebih banyak E. coli di bak cuci piring di dapur daripada di toilet setelah Anda menyiramnya, kata ahli mikrobiologi Charles Gerba kepada Food and Wine, dikutip dari House Digest, Kamis (17/8/2023).

Gerba menjelaskan, bak cuci piring adalah tempat yang bagus untuk E. coli untuk hidup dan tumbuh karena basah dan lembap.

Bakteri memakan makanan yang dibuang orang ke saluran pembuangan dan sisa piring di bak cuci piring.

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Cuci Piring agar Seperti Baru, Pakai Tepung

Makanan dan sisa makanan berkontribusi pada pesta bakteri yang terjadi saat Anda menyiapkan makanan. Meskipun bak cuci piring terlihat bersih, tetap perlu didisinfeksi setiap minggu.

Namun, seminggu sekali hanyalah minimum. Setelah menangani daging mentah atau menyelesaikan tugas kotor seperti membersihkan tanah dari sayuran, Anda harus segera membersihkan bak cuci piring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com