Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Kerak Putih di Keran Air dan Bak Cuci Piring

Kompas.com - 01/07/2023, 09:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Coba perhatikan keran air dan bak cuci piring stainless steel di dapur Anda. Apakah ada kerak putih? Jika ya, itu adalah zat berkapur yang terdiri dari kalsium dan magnesium dan sering tertinggal pada peralatan saat air menguap.

Dikutip dari Express UK, Sabtu (1/7/2023), kerak putih ini sering terkumpul di keran krom, kloset, dan plastik berwarna.

Zat tersebut sering pula ditemukan pada keran dan wastafel stainless steel, serta peralatan di kamar mandi seperti shower.

Baca juga: Ragam Cara Membersihkan Panci Presto, dari Noda Gosong hingga Kerak

Ilustrasi membersihkan bak cuci piring stainless steel.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan bak cuci piring stainless steel.

Nah, untuk menghilangkan kerak putih di keran air dan bak cuci piring stainless steel, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Jika Anda memiliki soda kue, cuka putih, dan lemon di dapur, maka gunakan untuk menghilangkan kerak putih.

Caranya, campurkan cuka atau air perasaan lemon dengan soda kue atau baking soda. Campur hingga rata agar menjadi pasta dan rendam semalaman.

Aplikasikan ke area keran dan bak cuci piring stainless steel untuk menghilangkan kerak. Kenakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda saat mengaplikasikan pasta ini.

Selain itu, kerak putih di keran air juga bisa dihilangkan dengan irisan lemon. Caranya, iris lemon, kemudian melilit keran dengan lemon tersebut yang dibungkus dengan plastik cling.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak pada Setrika, Pakai Cuka dan Baking Soda

Ini akan menghilangkan kerak dari keran air. Setelah itu, Anda bisa menggunakan lemon di ketel dan didihkan untuk menghilangkan kerak putih pada ketel air Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com