Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Setrika, Hilangkan Kerak Putih hingga Noda Gosong

Kompas.com - 06/06/2023, 15:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Coba perhatikan setrika Anda, apakah dalam keadaan bersih? Jika setrika belum dibersihkan dengan benar, setrika mungkin berhenti berfungsi sebagaimana mestinya.

Dilansir Woman & Home, Selasa (6/6/2023), seiring waktu, Anda mungkin melihat residu lengket menumpuk di setrika, atau lebih buruk lagi, berpindah ke pakaian yang baru dicuci.

Anda mungkin juga melihat beberapa noda pada tapak setrika, yang dapat mempersulit menyetrika pakaian, dan jika tidak segera ditangani bahkan dapat merusak pakaian.

Baca juga: Kenapa Setrika Lengket ke Pakaian? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi setrika.Shutterstock/Didecs Ilustrasi setrika.

Masalah yang sering terjadi pada setrika adalah cenderung menumpuk kerak, yang dapat menghentikan mekanisme uap setrika bekerja dengan baik.

Namun, sebelum Anda membersihkan setrika, periksa metode pembersihan kerak mana yang direkomendasikan untuk model spesifik setrika Anda.

Meskipun serupa dalam bentuk dan fungsi, setrika dapat berbeda dalam mekanisme internalnya, yang berarti setrika mungkin perlu dibersihkan keraknya dengan cara yang sangat khusus.

Berikut cara membersihkan setrika agar bebas dari kerak putih hingga noda gosong.

Baca juga: 4 Jenis Setrika yang Masih Digunakan sampai Sekarang

1. Gunakan kain lembap dengan air

Sebelum Anda mulai, pastikan setrika dicabut dan benar-benar dingin, saran Shirley Langridge, teknisi pembersih peralatan profesional di Fantastic Services.

Selain itu, siapkan permukaan yang bersih dan kokoh, sebaiknya ditutup dengan handuk atau kain tua untuk melindunginya dari potensi residu atau noda, imbuh dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com