Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Jenis Setrika yang Masih Digunakan sampai Sekarang

Kompas.com - 23/02/2023, 15:33 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Yale Tools

JAKARTA, KOMPAS.com - Setrika adalah peralatan yang dapat menghasilkan panas dan sering digunakan untuk menghilangkan kerutan pada pakaian sehingga pakaian tampak rapi. 

Sejak pertama kali ditemukan, ada beberapa jenis setrika dengan beragam bentuk. Meski begitu, tujuan utama setrika adalah menghilangkan kerutan pada pakaian. 

Dilansir dari Yaletools, Kamis (23/2/2023), berikut berbagai jenis setrika yang masih digunakan sampai sekarang. 

Baca juga: 3 Masalah yang Sering Dialami Setrika dan Cara Mengatasinya

Setrika arang 

Ilustrasi setrika arang.Shutterstock/Color4260 Ilustrasi setrika arang.

Sesuai dengan namanya, setrika arang adalah setrika yang dipanaskan menggunakan arang. Setrika arang terbuat dari besi yang merupakan penghantar panas yang baik.

Meski gagangnya terbuat dari kayu, setrika arang tidak akan terasa panas saat memegangnya.

Karena arang digunakan sebagai sumber panas, jenis arang yang digunakan juga tidak sembarangan. Hanya arang kayu yang padat dan sulit terurai menjadi abu agar abunya tidak beterbangan dan mendarat di pakaian yang sedang disetrika.

Sebelum menggunakan setrika arang, Anda harus membuat arang dari kayu terlebih dahulu. Pembakaran arang ini harus dilakukan di luar setrika.

Jika arang kayu sudah berubah menjadi bara, arang tersebut akan masuk ke setrika. Agar panasnya tetap stabil, arang besi harus dikipasi sesering mungkin.

Namun, jika setrika terlalu panas, Anda harus menggosokkan bagian bawahnya terlebih dulu dengan daun pisang segar agar suhu setrika tidak terlalu tinggi dan merusak pakaian yang sedang disetrika. 

Baca juga: 5 Bahan yang Ampuh Menghilangkan Noda Lengket pada Setrika

Setrika listrik

Ilustrasi menyetrika dengan setrika uapFREEPIK.COM/ZINKEVYCH Ilustrasi menyetrika dengan setrika uap

Setrika telah berubah dan menjadi lebih mudah digunakan seiring berjalannya waktu. Setrika listrik merupakan salah satu jenis setrika yang masih digunakan sampai sekarang.

Selain itu, setrika lsitrik paling populer dan banyak dimiliki saat ini. Sejarah mengatakan setrika listrik pertama kali dibuat pada 1880 ketika sebagian besar rumah memiliki listrik. Saat itu, setrika listrik masih cukup sederhana dan memiliki beberapa masalah. 

Setrika listrik terus menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu. Setrika listrik pertama dibuat di Indonesia dari gulungan kawat yang dialiri arus listrik. 

Baca juga: 5 Keuntungan Menggunakan Setrika Uap atau Steam Iron

Cara menggunakannya sangat mudah. Colokkan kabel setrika ke dinding dan tunggu beberapa menit hingga setrika panas dan siap digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com