Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2023, 09:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Stachybotrys chartarum atau lebih dikenal jamur hitam muncul sebagai koloni dengan permukaan berlendir hijau tua atau hitam.

Jamur hitam paling sering ditemukan di area di dalam rumah yang telah terpapar air dan kelembapan dalam jumlah berlebihan untuk waktu lama, seperti kamar mandi

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Hitam di Rumah

Kemunculan jamur hitam tak hanya memperburuk tampilan kamar mandi, tapi juga berdampak buruk pada kesehatan. 

Stachybotrys chartarum termasuk jenis jamur berbahaya. Jamur hitam menghasilkan mikotoksin atau bahan kimia beracun yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan.

Paparan dari kontak kulit, inhalasi, atau konsumsi bisa sangat berbahaya bagi manusia dan hewan. Maka itu, perlu segera membasmi jamur hitam dari kamar mandi serta melakukan langkah pencegahan.

Namun, lantaran berbahaya, menghilangkan jamur hitam di kamar mandi tak boleh sembarangan. Anda perlu sangat hati-hati dan memakain alat pelindung. 

Nah, dikutip dari Rhythm of the Home, Selasa (6/6/2023), berikut cara menghilangkan jamur hitam di kamar mandi.  

Baca juga: Penyebab Jamur Hitam di Kamar Mandi dan Cara Membersihkannya

Menghilangkan jamur hitam dari dempul kamar mandi

Ilustrasi jamur hitam di kamar mandi.Shutterstock/Stanislaw Mikulski Ilustrasi jamur hitam di kamar mandi.

Jika melihat adanya jamur hitam yang tumbuh di dempul kamar mandi, solusi terbaik adalah  menghilangkannya dan menggunakan dempul antijamur.

Ini adalah tugas mudah, jadi Anda tidak perlu memanggil seorang profesional. Tidak perlu waktu lama mengaplikasikannya, tetapi Anda harus menunggu hingga benar-benar kering sebelum menggunakan shower.

Cara lain, mencampurkan cuka putih suling dan baking dalam jumlah cukup untuk membuat pasta, lalu oleskan pada dempul yang berjamur dengan kuas cat.

Tutup pasta pada cetakan dengan kertas plastik, rekatkan, dan biarkan selama minimal dua jam. Setelah itu, lepaskan foil dan bersihkan pasta dan ulangi proses ini sampai Anda tidak lagi melihat jamur pada dempul kamar mandi. 

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Jamur dari Pakaian dengan Bahan Alami

Menghilangkan jamur hitam dari nat kamar mandi

Selanjutnya, cara menghilangkan jamur hitam di kamar mandi, tepatnya nat, adalah menggunakan sikat gosok elektrik jika ingin menghemat waktu. 

Apabila tidak, sikat gosok biasa juga dapat menghilangkan jamur, tetapi akan memakan waktu lebih lama.

Metode lain memakai cuka putih yang tidak diencerkan, lalu oleskan pada nat keramik yang berjamur, dan biarkan hingga 10 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com