Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna yang Bisa Menciptakan Rasa Tidak Nyaman di Rumah

Kompas.com - 16/08/2023, 15:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna memiliki kekuatan untuk memengaruhi tidak hanya estetika ruangan, tetapi juga memengaruhi perasaan terdalam, ingatan pribadi, pikiran, dan perilaku kita.

Beberapa warna diyakini dapat merusak mood alias suasana hati dan menciptakan rasa tidak nyaman di rumah.

Jika Anda menginginkan perubahan pribadi yang positif dalam bentuk apa pun, pertama-tama Anda harus menangani lingkungan Anda. Kita semua membutuhkan rumah yang mendukung, bukannya melemahkan, kesejahteraan kita, kata Michelle Ogundehin dalam bukunya yang berjudul Happy Inside, dikutip dari Homes & Gardens, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Warna Gorden Ini Bisa Bikin Ruangan Sempit Tampak Luas

Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna merah.SHUTTERSTOCK/AQUARIUS STUDIO Ilustrasi kamar tidur dengan dinding warna merah.

Hal pertama untuk memulai adalah warna. Berikut beberapa warna yang bisa membuat ruangan terasa tidak menyenangkan, dan variasi apa yang digunakan untuk membuat skema warna yang tidak akan berlebihan.

1. Hati-hati dengan warna merah

Ide ruangan berwarna merah memengaruhi kita secara fisik dan bisa terlalu kuat bagi kebanyakan orang.

Warna ini mengingatkan kita pada bahaya dan merupakan warna yang membuat Anda marah, serta salah satu warna paling menegangkan.

Merah dapat mengaktifkan insting 'melawan atau lari,' yang merupakan reaksi fisiologis sebagai respons terhadap ancaman. Secara fisik, warna merah dapat memicu reaksi dalam tubuh yang mirip dengan respons stres, seperti peningkatan detak jantung, indra yang meningkat, dan suhu tubuh yang lebih tinggi.

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Ruang Makan dengan Warna Abu-abu

Namun, mendekorasi rumah dengan warna merah tidak selalu buruk, apalagi jika digunakan sebagai warna aksen di dalam rumah. Ini memiliki banyak konotasi positif juga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com