Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau Pemutih pada Pakaian, Gunakan Cuka

Kompas.com - 13/08/2023, 07:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menambahkan pemutih ke pakaian adalah cara yang mudah dan murah untuk mengatasi noda yang tidak disengaja, memutihkan dan mencerahkan pakaian putih, serta mensterilkannya. Akan tetapi, menggunakan terlalu banyak pemutih saat mencuci pakaian dapat meninggalkan bau antiseptik yang kuat.

Selain itu, dikutip dari House Digest, Minggu (13/8/2023), menggunakan air sadah untuk membersihkan pakaian atau membilasnya dengan tidak benar juga akan membuatnya mengeluarkan bau yang menyengat.

Namun, jangan khawatir. Anda bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan bau pemutih yang kuat dari pakaian, tambahkan saja selama siklus pembilasan.

Baca juga: Cara Mencuci Kaus Kaki Putih yang Kotor Tanpa Pakai Pemutih

Ilustrasi pemutih.SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi pemutih.

Meskipun bau pemutih dapat hilang setelah beberapa hari, Anda dapat menggunakan penyemprot pakaian atau wewangian pilihan untuk menghilangkan bau tersebut sekaligus.

Tetapi menggunakan ini bukanlah solusi jangka panjang, karena hanya akan menutupi baunya dan tidak menghilangkannya sama sekali.

Cuka adalah pewangi alami yang sangat baik karena bersifat asam. Menggunakan cuka untuk menghilangkan bau pemutih yang melekat pada pakaian ampuh karena molekul asam asetatnya akan menetralkan bau alkali dari pemutih.

Cara menghilangkan bau pemutih pada pakaian dengan cuka

Masukkan kembali cucian ke dalam mesin cuci dan ambil sebotol cuka putih suling. Dari semua jenis cuka, cuka putih suling adalah pilihan terbaik karena harganya lebih murah daripada cuka sejenis.

Baca juga: Cara Mengatasi Pakaian Putih Terkena Luntur Pakai Pemutih

Selain itu, kurangnya tanin membuatnya sangat cocok untuk cucian karena tidak akan menghitamkan pakaian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com