Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2023, 18:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lavender adalah tanaman yang dikenal menyukai sinar matahari penuh dan membangkitkan citra iklim Mediterania yang panas.

Lavender juga menjadi tanaman yang sangat serbaguna dan mudah dirawat karena merupakan tanaman aromatik yang sangat tahan terhadap kekeringan.  

Ada banyak jenis, varietas, dan kultivar lavender yang bisa ditanam di halaman belakang rumah. Namun, apakah tanaman lavender toleran terhadap kekeringan?

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Kecoak di Rumah, Lavender hingga Bunga Krisan

Apakah tanaman lavender tahan kekeringan

Ilustrasi aroma lavender tidak disukai kucing.PIXABAY/Mouse23 Ilustrasi aroma lavender tidak disukai kucing.

Lavender sangat toleran terhadap kondisi kekeringan dan itu membuatnya menjadi ramuan aromatik yang ideal jika Anda merencanakan taman yang kering. 

Sebagai tanaman berasal dari Mediterania dan Timur Tengah—daerah dengan kondisi tanah sangat kering, sering kali berkerikil, berbatu, dan berkapur—tanaman lavender juga hanya mendapat sedikit curah hujan selama musim panas. 

William Alexander, penanam lavender berpengalaman yang mengelola Castle Farm, yang membudidayakan lebih dari 100 hektare lavender di Inggris, menjelaskan lavender adalah 'xerofit' atau tanaman yang telah beradaptasi untuk bertahan hidup dalam kondisi sangat kering. 

Baca juga: 7 Penyebab Tanaman Lavender Layu

Kandungan minyak pada daun dan bunga lavender membantu mencegah penguapan air. Selama memiliki kelembapan cukup untuk tumbuh sebagai tanaman muda, lavender hanya membutuhkan curah hujan sesekali selama periode cuaca kering dan bertahan hidup pada suhu dingin saat musim dingin.

Selain itu, tanaman lavender yang toleran terhadap kekeringan pun perlu disiram selama tahap perakaran awal. Jadi, jangan pernah mengabaikan penyiraman setelah menanam lavender atau memindahkannya ke kebun herbal di halaman belakang rumah.

"Ketika lavender sudah mapan, barulah tanaman dapat tumbuh subur dengan sedikit penyiraman," kata Alexander dikutip dari Homes and Gardens, Sabtu (12/8/2023). 

Cara menyiram tanaman lavender juga akan ditentukan oleh tempat Anda menanam tanaman. Apabila menanam lavender dalam pot, sebagai bagian dari kebun wadah herbal, mungkin membutuhkan lebih banyak penyiraman daripada tanaman di tanah.  

Baca juga: 6 Tanaman Pengusir Serangga, dari Lavender sampai Mint

Lavender mana yang paling toleran terhadap kekeringan?

Ilustrasi lavender.PIXABAY/pixel2013 Ilustrasi lavender.
Meski sebagian besar varietas lavender sangat toleran terhadap kondisi kering dan cocok untuk ide penanaman yang toleran terhadap kekeringan, ada variasi dalam toleransi kekeringannya.

Ada 28 spesies lavender dengan berbagai kultivar dan hibrida, tetapi lavender Spanyol (Lavandula stoechas) adalah yang paling tahan kekeringan dari semua variasi lavender, seperti lavender Inggris dan Perancis. 

Meski ideal untuk penanaman yang toleran terhadap kekeringan, lavender Spanyol bukan bentuk paling sulit dan Anda perlu melindunginya dari musim dingin. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Lavender, Telah Ada Ribuan Tahun dan Banyak Manfaat

Amber Noyes, ahli hortikultura dan editor Gardening Chores, mengklaim lavender Spanyol tumbuh subur di lokasi taman yang berbatu dan kering dan mampu bertahan dalam waktu yang lama tanpa air.

Moyes menambahkan, Lavender Spanyol paling cocok untuk zona USDA 8 atau 9 ke atas, terutama di daerah dengan musim panas yang terik serta musim dingin yang sejuk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com