Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Manfaat Cuka untuk Tanaman Dalam Ruangan dan Cara Pakainya

Kompas.com - 03/08/2023, 13:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka adalah bumbu dapur yang lazim digunakan untuk berbagai masakan. Akan tetapi, manfaat cuka tidak selesai hingga itu, namun juga bisa digunakan sebagai produk pembersih dan perawatan tanaman.

Ada banyak manfaat cuka untuk tanaman dalam ruangan agar tetap subur dan sehat. Misalnya, cuka dapat digunakan untuk membersihkan daun tanaman hingga mengatasi penyakit embun tepung.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Kamis (3/8/2023), berikut beberapa manfaat cuka untuk tanaman dalam ruangan dan cara menggunakannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air Bak Cuci Piring Mampet, Pakai Cuka

Ilustrasi pot tanah liat, pot terakota, tanaman kaktus di pot tanah liat. PIXABAY/LUM3N Ilustrasi pot tanah liat, pot terakota, tanaman kaktus di pot tanah liat.

1. Membersihkan pot tanah liat

Pot tanah liat atau pot terakota memang terlihat menarik, tetapi bisa menyerap mineral, kalsium, dan garam dari pupuk dan air. Anda dapat menggunakan cuka untuk mengembalikan tampilan aslinya dan membuka pori-pori kecil.

Rendam pot tanah liat dalam larutan cuka yang terdiri dari 1 bagian cuka dengan 4 bagian air, 3 sampai 4 gelas air dalam 1 cangkir cuka putih 5 persen selama 30 sampai 60 menit.

2. Membantu perkecambahan

Anda dapat menggunakan cuka untuk melunakkan kulit terluar biji, yang merupakan selaput keras yang dapat mengganggu proses perkecambahan. Untuk memudahkan perkecambahan, rendam benih semalaman dalam semangkuk air dengan 5 sampai 8 tetes cuka putih.

Ini akan membantu benih berkecambah lebih cepat sambil meningkatkan peluang secara signifikan.

Baca juga: Cara Membersihkan Spons Cuci Piring agar Tak Bau, Pakai Garam dan Cuka

3. Mengendalikan penyakit embun tepung

Asam asetat yang terkandung dalam cuka sangat bagus untuk mengendalikan embun tepung. Tambahkan 2 sendok makan cuka ke dalam 3 liter air, kocok dan semprotkan ke area tanaman yang terkena.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com