Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/07/2023, 10:55 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menambah kenyamanan, permadani atau karpet dapat memengaruhi tampilan ruang tamu. Karena itu, penting untuk memperhatikan penempatan karpet di ruangan tersebut.

Anda bisa menepatkan karpet di ruang tamu dengan berbagai cara dengan menyesuaikan ruang yang tersedia. Penting pula untuk menempatkan furnitur dengan tepat.

Baca juga: Tips Memilih Permadani Ruang Makan, Elemen Dekorasi yang Praktis

Dikutip dari Living Cozy, Kamis (20/7/2023), berikut sejumlah cara meletakkan karpet di ruang tamu.

Ilustrasi ruang tamu bernuansa modern dengan sofa warna hijau. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi ruang tamu bernuansa modern dengan sofa warna hijau.

1. Semua kaki furnitur di atas karpet

Salah satu cara yang bagus untuk menempatkan karpet adalah di mana semua kaki perabot ruang tamu berada di atas karpet. Tampilan ini akan membutuhkan karpet besar untuk menempati ruang yang cukup dan sesuai dengan ruangan dan perabotan.

Menepatkan semua kaki furnitur di atas karpet membuat ruang terlihat lebih jelas dan menciptakan kesan kesatuan. Beberapa kursi aksen yang menarik dapat menyempurnakan tampilan.

Baca juga: Tips Memilih Ukuran Permadani yang Tepat untuk Ruang Makan

2. Kaki depan furnitur berada di atas karpet

Posisikan karpet sedemikian rupa sehingga hanya kaki depan furnitiur yang berada di atas karpet. Anda bisa mendapatkan tampilan ini dengan menempatkan meja kopi di tengah karpet dan meletakkan kaki depan sofa, kursi meja samping, atau meja sejauh beberapa inci di atas permadani.

Dengan cara ini, banyak bagian dari karpet dapat terlihat karena hanya meja kopi yang menempati satu-satunya ruang di karpet, menyisakan banyak ruang terbuka. Ukuran karpet Anda adalah kunci untuk tampilan ini.

Jika karpet terlalu besar, penempatannya bisa terlihat canggung dan terlalu terbuka, dan jika karpet terlalu kecil, bisa terlihat sangat penuh sesak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com