Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Pemanfaatan Ruang untuk Memaksimalkan Belajar dan Bermain Anak

Kompas.com - 17/07/2023, 09:30 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Anastasia Cinthya Gani, S.Ds., M.Ars*

BEBERAPA hal perlu diperhatikan dalam penataan interior sudut ruang agar tercipta interior rumah yang nyaman bagi anak. Diperlukan pemahaman mengenai penataan interior.

Penataan interior tidak hanya meliputi sisi tata ruang, tetapi bagaimana kita memilih warna sesuai dengan karakter anak serta pemilihan material aman bagi kesehatan anak.

Sebelum memilih interior apa yang sesuai dengan kebutuhan anak, maka perlu memahami karater anak kita sendiri.

Sebagai orangtua harus paham bahwa anak adalah pembelajar aktif. Mereka membutuhkan interaksi sosial dengan teman, orangtua ataupun saudara.

Selain itu, anak usia dini belajar melalui sensori indera mereka. Mereka belajar dari melihat (visual), meraba, membau, dan mendengar lingkungan.

Panca indra merupakan pintu gerbang masuknya berbagai pengetahuan ke dalam otak anak. Karana itu, seluruh panca indra harus memperoleh kesempatan untuk berkembang sesuai fungsinya.

Untuk itu, penataan interior perlu dimaksimalkan agar anak merasa nyaman sekaligus dapat menstimulasi sensori motorik mereka.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk mempersiapkan interior sudut rumah agar anak–anak merasa nyaman.

Efisiensi area

Pemilihan ruang untuk bermain dan belajar anak di rumah tidaklah harus besar. Sudut ruang yang kecil dapat dimaksimalkan dengan pemilihan furniture.

Area sudut ruang biasanya hanya diperuntukkan satu sampai dua orang sehingga pemilihan furniture yang multifungsi akan memaksimalkan area sudut ruang.

Gunakan furniture yang sudah ada di rumah untuk menghemat biaya. Jika ingin membeli furniture khusus anak–anak, maka pilihlah yang memang dibutuhkan oleh anak kita.

Buatlah sudut ruang interaktif

Buat sudut ruang interaktif dengan menempelkan mainan yang biasa dimainkan anak Anda. Selain itu dapat juga membuat dinding corat coret sebagai tempat mengekspresikan diri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com