Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan Perumahan di Barat Jakarta Tinggi, Ini Pendukungnya

Kompas.com - 13/07/2023, 21:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan sektor perumahan di koridor barat Jakarta mengalami perkembangan yang signifikan seiring dengan hadirnya kota mandiri baru. Dengan semakin banyaknya pembangunan properti di kawasan tersebut diharapkan mampu mengurangi angka kebutuhan rumah (backlog) di Indonesia.

Pengamat properti dan Chief Executive Officer Indonesia Property Watch Ali Tranghanda menjelaskan perkembangan perumahan di barat Jakarta sangat tinggi. Mahalnya harga tanah di Ibu Kota menjadi faktor utama masyarakat urban untuk membeli properti di barat Jakarta.

“Ini karena perkembangan kota dan tingkat permintaan di kawasan tersebut masih cukup tinggi. Ditambah lagi harga tanah di Jakarta sudah mahal,” kata Ali dalam keterangannya, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Sejumlah Proyek Perumahan Agung Podomoro Raih Penghargaan

Ilustrasi rumah dengan warna cat abu-abu. Shutterstock/Artazum Ilustrasi rumah dengan warna cat abu-abu.

Kota mandiri yang terletak di koridor barat Jakarta dan mengalami perkembangan signifikan, salah satunya yakni produk properti milik pengembang Agung Podomoro.

Kawasan yang dijuluki The Next Serpong ini diproyeksikan bakal membangun 21 cluster residensial di atas lahan seluas 650 hektare. 

Kawasan ini telah dilengkapi dengan premium club house dan kawasan green belt untuk mendukung gaya hidup konsumen serta water treatment, dan fasilitas internet.

Kota Podomoro Tenjo akan memiliki fasilitas komersial, pendidikan, ibadah, kecantikan, kesehatan, dan transportasi yang bakal memudahkan aktivitas harian penghuni. Khusus fasilitas transportasi, Kota Podomoro Tenjo juga tengah membangun Grand Transit Oriented Development (TOD).

Baca juga: BTN Raih Peringkat idAAA dari Pefindo, Dinilai Penting dalam Sektor Perumahan

Fasilitas ini akan menghubungkan Kota Podomoro Tenjo dengan Stasiun KRL Tigaraksa. Adapun progres pembangunan TOD yang akan selesai dan dapat diresmikan kepada umum di tahun 2024.

Menurut Ali, Kota Podomoro Tenjo akan terus mengalami pertumbuhan permintaan properti seiring dengan ragam fasilitas berkualitas yang dihadirkan pengembang. Apalagi, harga yang ditawarkan pengembang mulai dari Rp 220 juta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com