Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/07/2023, 10:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tungau adalah serangga kecil yang dapat muncul di setiap rumah, terutama yang memiliki kelembapan tinggi serta banyak debu

Sebagian besar tungau debu tidak membahayakan karena tidak menggigit, seperti kutu busuk, tapi dapat mempengaruhi mereka yang mempunyai alergi. Tungau meninggalkan kotoran yang dapat memperburuk alergi dan asma jika dibiarkan. 

Baca juga: 7 Cara Membasmi Tungau Debu dari Rumah, Bikin Sehat dan Bebas Alergi

Tungau banyak hidup di kamar tidur, terutama di kasur. Tungau senang tinggal di kain, dari seprai, karpet, hingga pelapis sofa. Karena itu, sangat penting membersihkan tekstil atau kain 

Mikroorganisme ini menyukai tempat hangat dan lembap. Tungau senang berada di area dengan kelembaban 60 persen dan akan menghilang jika kelembabannya di bawah 45 persen. 

Maka itu, penting untuk rumah memiliki ventilasi yang memadai. Buka jendela dan biarkan matahari masuk setiap hari untuk nmenurunkan kelembapan.  

Penting juga tidak menggunakan pemanas ruangan secara berlebihan dan menggunakan penurun panas jika tinggal di tempat lembap, terutama di kamar tidur.

Nah, dikutip dari Decor Tips, Rabu (12/7/2023), berikut sejumlah cara menjaga rumah bebas tungau.  

Baca juga: Cara Membasmi Tungau Debu yang Bisa Sebabkan Alergi di Rumah

Membersihkan debu 

Ilustrasi membersihkan debu.Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi membersihkan debu.
Kebersihan sangat penting untuk dapat mengendalikan tungau, terutama jika Anda memiliki alergi. Debu adalah musuh terburuk dan harus menghilangkannya setiap hari.

Bersihkan debu saat jendela terbuka dan kapan pun Anda bisa. Gunakan penyedot debu karena sapu dapat menyebarkan debu ke seluruh ruangan, kemudian gunakan kain lembap untuk membersihkan permukaan.

Jika akan membeli penyedot debu baru, pilih yang dilengkapi filter high efficiency particulate air (HEPA). Anda harus merawatnya dengan benar dan membersihkannya setelah digunakan. 

Jika memiliki masalah alergi, cara menjaga rumah bebas debu adalah menghindari penggunaan karpet, selimut, bantal, dan tekstil.

Jika memilikinya, lakukan menyedot debu setidaknya sekali seminggu. Anda bisa menaburkan baking soda di atas karpet dan membiarkannya bekerja semalaman, menyedot debu keesokan harinya, dan karpet akan kembali bersih seperti baru. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur agar Tak Berjamur dan Jadi Sarang Tungau

Membersihkan kasur 

Selanjutnya, cara menjaga rumah bebas tungau adalah membersihkan kasur. Tungau senang menghabiskan hidupnya di kasur kamar tidur. Ini adalah "surga" bagi tungau.

Untuk mencegah tungau berkembang biak, bersihkan kasur secara teratur setiap seminggu sekali menggunakan alat khusus untuk menjangkau setiap sudutnya. Anda juga harus mengangin-anginkan kasur setiap bulan.

Selain itu, pilih kasur yang terbuat dari lateks atau serat. Kasur pegas memiliki lebih banyak lubang serta menjadi tempat persembunyian yang sempurna bagi tungau. 

Baca juga: Tanda-tanda Anjing Alergi Terhadap Tungau Debu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com