Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Menjaga Rumah Bebas Tungau

Sebagian besar tungau debu tidak membahayakan karena tidak menggigit, seperti kutu busuk, tapi dapat mempengaruhi mereka yang mempunyai alergi. Tungau meninggalkan kotoran yang dapat memperburuk alergi dan asma jika dibiarkan. 

Tungau banyak hidup di kamar tidur, terutama di kasur. Tungau senang tinggal di kain, dari seprai, karpet, hingga pelapis sofa. Karena itu, sangat penting membersihkan tekstil atau kain 

Mikroorganisme ini menyukai tempat hangat dan lembap. Tungau senang berada di area dengan kelembaban 60 persen dan akan menghilang jika kelembabannya di bawah 45 persen. 

Maka itu, penting untuk rumah memiliki ventilasi yang memadai. Buka jendela dan biarkan matahari masuk setiap hari untuk nmenurunkan kelembapan.  

Penting juga tidak menggunakan pemanas ruangan secara berlebihan dan menggunakan penurun panas jika tinggal di tempat lembap, terutama di kamar tidur.

Nah, dikutip dari Decor Tips, Rabu (12/7/2023), berikut sejumlah cara menjaga rumah bebas tungau.  

Bersihkan debu saat jendela terbuka dan kapan pun Anda bisa. Gunakan penyedot debu karena sapu dapat menyebarkan debu ke seluruh ruangan, kemudian gunakan kain lembap untuk membersihkan permukaan.

Jika akan membeli penyedot debu baru, pilih yang dilengkapi filter high efficiency particulate air (HEPA). Anda harus merawatnya dengan benar dan membersihkannya setelah digunakan. 

Jika memiliki masalah alergi, cara menjaga rumah bebas debu adalah menghindari penggunaan karpet, selimut, bantal, dan tekstil.

Jika memilikinya, lakukan menyedot debu setidaknya sekali seminggu. Anda bisa menaburkan baking soda di atas karpet dan membiarkannya bekerja semalaman, menyedot debu keesokan harinya, dan karpet akan kembali bersih seperti baru. 

Membersihkan kasur 

Selanjutnya, cara menjaga rumah bebas tungau adalah membersihkan kasur. Tungau senang menghabiskan hidupnya di kasur kamar tidur. Ini adalah "surga" bagi tungau.

Untuk mencegah tungau berkembang biak, bersihkan kasur secara teratur setiap seminggu sekali menggunakan alat khusus untuk menjangkau setiap sudutnya. Anda juga harus mengangin-anginkan kasur setiap bulan.

Selain itu, pilih kasur yang terbuat dari lateks atau serat. Kasur pegas memiliki lebih banyak lubang serta menjadi tempat persembunyian yang sempurna bagi tungau. 

Pilih seprai berbahan 100 persen katun agar tahan terhadap pencucian yang sering dan suhu tinggi. Panas pada mesin pengering juga membantu membasmi tungau.  

Ada model mesin cuci yang sudah memiliki program antialergi. Jika Anda memiliki alergi, jangan ragu untuk menyelidiki merek dan model ini lebih lanjut. 

Berikan perhatian ekstra pada kamar tidur anak 

Jika anak memiliki asma atau alergi, Anda harus melakukan tindakan pencegahan di kamar tidurnya. Pastikan kamar tidur anak secerah mungkin karena tungau senang tinggal di tempat gelap.

Pilih dekorasi yang sederhana dan lupakan penggunaan karpet, bantal, dan sesuatu yang menampung debu lainnya, serta sandaran kepala tempat tidur.

Jika memiliki banyak boneka binatang, cucilah dengan mesin cuci dengan suhu tinggi setiap dua minggu sekali.

Meski tidak dapat memiliki rumah yang 100 persen bebas tungau, Anda dapat mengendalikan jumlah tungau jika mengikuti beberapa panduan kebersihan sederhana dan menerapkan kebiasaan yang telah dijelaskan.  

Nah, itu dia sejumlah cara menjaga rumah bebas tungau. Pastikan melakukan semua cara di atas untuk rumah yang sehat dan bersih. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/12/103500476/4-cara-menjaga-rumah-bebas-tungau

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke