Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Hanya Gunakan Satu Sisi Talenan Kayu, Kenapa?

Kompas.com - 21/06/2023, 09:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Talenan kayu adalah salah satu peralatan dapur penting yang banyak dipilih untuk memotong bahan makanan. Secara estetika, talenan kayu cukup cantik sehingga dapat diletakkan di meja dapur daripada disimpan di lemari atau laci.

Selain itu, dengan perawatan yang tepat, talenan kayu dapat bertahan sangat lama. Talenan kayu cukup mudah dirawat, asalkan Anda mengikuti teknik yang benar.

Dikutip dari All Recipes, Rabu (21/6/2023), teknik utama untuk memperpanjang masa pakai talenan kayu Anda adalah bersikap strategis terhadap keausan. Secara khusus, balikkan talenan kayu secara teratur setelah digunakan agar kedua sisi dapat digunakan secara merata.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Bawang Putih di Talenan, Pisau, dan Tangan

Ilustrasi talenan kayu, memotong daging di talenan kayu. SHUTTERSTOCK/NITO Ilustrasi talenan kayu, memotong daging di talenan kayu.

Membalik talenan kayu untuk umur panjangnya

Membalik talenan kayu secara teratur memastikan bahwa tidak ada satu sisi pun yang dianggap sebagai bagian "atas". Ini memiliki sejumlah manfaat dalam hal mengelola keausan.

Ketika Anda menggunakan dua sisi talenan kayu, bukan satu, Anda pada dasarnya menggandakan masa pakai talenan kyu Anda.

Tanya Reazor, pendiri perusahaan talenan Fifth & Cherry menyarankan Anda untuk membalikkan talenan kayu setelah digunakan secara teratur. Sebab, ini akan talenan kayu bertahan lebih lama.

Ketika Anda tidak membalik talenan kayu dan terus menggunakan hanya satu sisi, talenan tidak hanya tergores dan aus dua kali lebih cepat, tetapi juga dapat mengalami kerusakan akibat pembersihan yang tidak tepat.

Baca juga: Cara Merawat Talenan Kayu yang Digunakan untuk Memotong Daging Mentah

Jika Anda hanya menggunkan satu sisi talenan kayu, tentu hanya sisi tersebut yang sering digosok dan diberikan sabun, lalu dicuci. Ini dapat menyebabkan lengkungan pada talenan kayu.

Air menyebabkan kayu membengkak, dan jika hanya satu sisi yang dicuci secara konsisten, kayu akan mulai membengkak secara tidak merata, yang dapat menyebabkan talenan bertumpu tidak rata pada permukaan yang rata, atau talenan kayu bergoyang saat digunakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com