Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Setrika Tidak Panas? Ini Penyebab dan Solusinya

Kompas.com - 13/06/2023, 20:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Mr Right

JAKARTA, KOMPAS.com - Setrika adalah salah satu peralatan rumah tangga yang paling berguna karena membantu meluruskan pakaian untuk hasil akhir yang rapi. Namun, ada kalanya setrika mungkin tidak berfungsi sebaik yang diinginkan.

Salah satu masalah yang bisa muncul adalah setrika tidak panas. Pemanasan adalah tugas utama yang dilakukan setrika dan jika gagal memanaskan dengan cukup, maka ini bisa menjadi masalah.

Dikutip dari Mr Right, Selasa (13/6/2023), berikut beberapa penyebab setrika tidak panas dan solusinya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kerak pada Setrika, Pakai Cuka dan Baking Soda

Ilustrasi setrika, menyetrika pakaian. SHUTTERSTOCK/DAMIAN LUGOWSKI Ilustrasi setrika, menyetrika pakaian.

1. Pengaturan yang salah

Alasan paling umum untuk setrika tidak panas mungkin karena pengaturan yang salah. Terkadang karena pengaturan yang salah, setrika mungkin tidak cukup panas dan ini perlu diperbaiki.

Anda perlu memeriksa setelan setrika karena memiliki kenop yang dapat disesuaikan yang mengontrol suhu serta mengatur jenis bahan yang ingin Anda setrika. Bahan pakaian yang berbeda membutuhkan suhu yang berbeda dan pengaturan lainnya.

Pastikan Anda mengatur kenop dengan hati-hati. Jika Anda tidak dapat menyetel kenop dengan benar, Anda dapat memeriksa panduan pengguna dan memastikan suhu atau jumlah panas disetel pada titik yang tepat.

2. Masalah dengan colokan

Alasan lain yang mungkin menyebabkan setrika tidak panas adalah colokan setrika yang rusak. Terkadang colokan rusak dan berhenti bekerja.

Baca juga: Kelemahan Setrika Uap, Ketahui Sebelum Membeli

Untuk memeriksanya, letakkan di stopkontak yang berbeda dan lihat apakah setrika panas setelah dinyalakan. Jika ya, maka masalahnya mungkin pada titik daya asli dan jika tidak, mungkin colokan rusak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com