Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2023, 15:07 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolong tempat tidur merupakan salah satu pilihan tempat penyimpanan di kamar tidur.

Namun, area ini sering terlupakan untuk dirapikan dan dibersihkan. Padahal, merapikan dan menata barang-barang yang disimpan di kolong tempat tidur penting dilakukan.

Baca juga: 8 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kolong Tempat Tidur

Hal ini dapat membuat barang-barang menjadi teratur dan kamar tidur lebih tertata serta membuat Anda lebih tenang.

Dilansir dari Homes & Gardens, Jumat (9/6/2023), berikut empat cara merapikan barang di kolong tempat tidur.

Keluarkan semua barang

Ilustrasi kolong tempat tidur sebagai ruang penyimpanan.Shutterstock/Paksongpob Kasempisaisin Ilustrasi kolong tempat tidur sebagai ruang penyimpanan.
Pertama, keluarkan semua barang dan pisahkan menjadi tiga tumpukan, yaitu untuk disingkirkan, disimpan, atau dipindahkan.

"Jika tinggal di tempat yang tidak memiliki tempat penyimpanan cukup, Anda harus menyesuaikan volume barang yang dimiliki," kata Tracy McCubbin, declutter expert dan pendiri persahaan home organization dClutterfly. 

Dengan cara ini, akan menciptakan lebih banyak ruang untuk barang-barang yang benar-benar digunakan serta menjadi kesempatan baik untuk membersihkan kamar tidur karena ruang di kolong tempat tidur cenderung sangat berdebu.

Gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu di kolong tempat tidur.

Baca juga: Cara Mengurangi Penumpukan Debu di Kolong Tempat Tidur

Selektif tetang apa yang Anda simpan

Selanjutnya, cara merapikan barang di kolong tempat tidur adalah selektif terhadap barang yang disimpan. Menurut Tracy McCubbin, sangat penting selektif memilih barang yang  disimpan di kolong tempat tidur.

Ia menyarankan menghindari menyimpan kertas, buku, foto, dan majalah lama karena cenderung menumpuk debu sulit sulit mengambilnya serta menciptakan kumpulan debu dan tungau debu. 

Hindari menggunakan kolong tempat tidur sebagai tempat menyembunyikan barang agar tidak terlihat untuk ditangani pada kemudian hari.

Baca juga: Jangan Simpan 6 Barang Ini di Kolong Tempat Tidur Menurut Feng Shui

Kategorikan barang

Ilustrasi kolong tempat tidur sebagai ruang penyimpanan.Shutterstock/KeetawatPhotography Ilustrasi kolong tempat tidur sebagai ruang penyimpanan.
Setelah memutuskan barang yang akan disimpan di kolong tempat tidur, saatnya  mengkategorikan barang-barang berdasarkan fungsinya, seperti mengelompokkan seprai ekstra atau barang-barang sentimental.

Desainer interior Artem Kropovinsky dari studio desain Arsight menyarankan menetapkan setiap kategori pada wadah penyimpanan tertentu dan memberi label yang sesuai.

"Hindari memasukkan barang secara sembarangan karena ini tidak hanya menciptakan kekacauan yang tidak teroganisasi, tapi juga menyulitkan Anda menemukan barang saat dibutuhkan," ucapnya.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Debu di Kolong Tempat Tidur?

Gunakan penyimpanan yang memanjang

Terakhir, cara merapikan barang di kolong tempat tidur adalah menggunakan wadah penyimpanan yang panjang karena akan memaksimalkan ruang dan mudah dikeluarkan.

Menurut Amy Bloomer, professional organizer dari Let Your Space Bloom, kunci sukses saat menata kolong tempat tidur adalah menemukan wadah yang tepat.

Ia menyarankan menggunakan wadah penyimpanan yang memiliki penutup atau ritsleting untuk melindungi isinya agar tidak berdebu serta kotor. 

Baca juga: 9 Ide Penyimpanan di Kamar Tidur Kecil, Bebas Berantakan

Amy merekomendasikan menggunakan wadah penyimpanan yang memiliki roda atau bagian bawah yang berlekuk untuk memudahkan akses.

Selalu beri label jelas pada wadah penyimpanan agar tidak lupa barang yang disimpan di tempat tersebut. Pilih bahan elegan yang sesuai dengan estetika kamar tidu, dari anyaman hingga logam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com