Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2023, 21:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Weekand

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari semua hal yang Anda bersihkan di kamar mandi, shower mungkin tidak secara otomatis berada di urutan teratas. Akan tetapi, penting untuk membersihkan kepala shower secara teratur karena lingkungan yang hangat dan lembap secara terus-menerus dapat menyebabkan pertumbuhan jamur atau bakteri.

Jika Anda tinggal di tempat dengan air sadah, Anda juga bisa mendapatkan penumpukan mineral yang menyumbat kepala shower. Ini dapat memengaruhi tekanan air.

Namun, jangan khawatir. Sebab, membersihkan kepala shower relatif mudah dan tidak memerlukan produk yang rumit, bahkan Anda dapat menggunakan beberapa bumbu dapur.

Baca juga: Ubin Warna Gelap Vs Terang, Mana yang Lebih Baik untuk Area Shower?

Ilustrasi membersihkan kepala shower. SHUTTERSTOCK/GRIGVOVAN Ilustrasi membersihkan kepala shower.

Dikutip dari Weekand, Selasa (6/6/2023), berikut beberapa cara membersihkan kepala shower pakai bumbu dapur, yakni cuka dan baking soda atau soda kue.

Cara membersihkan kepala shower dengan cuka

Salah satu cara sederhana dan efektif untuk membersihkan kepala shower melibatkan penggunaan bahan yang bisa Anda temukan di dapur, yakni cuka.

Cuka cukup asam untuk memecah apa pun yang menyumbat kepala shower tetapi tidak beracun.

Kristiana Laugen, pakar rumah di Handy mengatakan, Anda cukup melepas shower dan merendamnya dalam air dengan perbandingan yang sama dan cuka putih. Biarkan kepala shower selama beberapa jam agar cuka dapat mengurai kotoran atau debu.

Baca juga: 6 Cara Menjaga Pintu Kaca Shower Tetap Bersih

Jika Anda memiliki shower yang tidak dapat dilepas, isilah kantong plastik dengan air dan cuka dengan perbandingan yang sama dan ikat erat-erat di sekitar shower dengan karet gelang atau tali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com