Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2023, 17:21 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Luce Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala shower terkadang luput dari pembersihan rutin kamar mandi. Padahal, kepala shower dapat mengumpulkan kotoran dan noda air sadah, endapan mineral, hingga jamur.

Kotoran juga dapat menyumbat kepala shower yang menyebabkan semprotannya menjadi tidak merata. Karena itu, membersihkan kepala shower merupakan hal penting dalam perawatan kamar mandi.

Baca juga: 4 Tanda Perlu Mengganti Kepala Shower

Untungnya, kepala shower dapat dibersihkan dengan bahan yang ada di rumah. Dilansir dari Luce Home, Kamis (6/4/2023), berikut beberapa cara membersihkan kepala shower kamar mandi yang kotor.

Gunakan cuka apel

Ilustrasi shower, tagihan air, penggunaan air. SHUTTERSTOCK/TERO VESALAINEN Ilustrasi shower, tagihan air, penggunaan air.
Siapkan kantong plastik kecil yang muat untuk membungkus kepala shower, lalu isi dengan air dan cuka apel dengan takaran yang sama.

Masukkan kepala shower ke kantong plastik, lalu ikat kantong plastik. Pastikan nozel terendam seluruhnya serta biarkan kepala shower terendam dalam larutan selama semalaman. 

Larutan cuka akan melonggarkan kotoran, membasmi jamur, dan melarutkan noda air sadah yang menumpuk. Keesokan paginya, lepaskan kantong dan nyalakan shower untuk membilas cuka dan kotoran yang tersisa.

Baca juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Membersihkan Rumah dari Bau dan Noda

Gunakan baking soda 

Baking soda menghambat pertumbuhan jamur, memberikan daya pembersih abrasif yang lembut, serta melarutkan kotoran dan endapan mineral pada kepala shower.

Lepaskan kepala shower, oleskan pasta yang terbuat dari baking soda dan hidrogen peroksida pada kepala shower

Biarkan pasta menempel hingga mengering, lalu ambil sikat gigi bekas atau sikat berbulu halus untuk menggosok kotoran yang menempel.

Bilas sekeliling kepala shower dengan mengalirkan air hangat, pasang kembali kepala shower, dan alirkan air untuk membilas nozel.

Ulangi proses ini setiap kali diperlukan untuk memastikan jamur dan endapan mineral tidak menumpuk di kepala shower.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kepala Shower, Pakai Soda Kue hingga Cola

Gunakan cuka dan baking soda 

Cuka putih suling dan baking soda dapat menjadi solusi ampuh menghilangkan semua kotoran di kepala shower. Caranya, kantong plastik dengan cuka dan baking soda. 

Masukkan kepala shower ke kantong, lalu ikat kantong dengan karet gelang. 
Keesokan paginya, gosok kotoran yang menempel dengan sikat gigi bekas dan nyalakan air panas untuk membilas nozel. Lakukan proses pembersihan ini setidaknya sebulan sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com