Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2023, 20:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi yang bersih, termasuk area shower, memberikan kenyamanan tersendiri. Selain itu, area shower yang bersih juga membuat kegiatan mandi menjadi lebih menyenangkan.

Namun demikian, sebenarnya seberapa sering harus membersihkan area shower? Dikutip dari Southern Living, Senin (20/3/2023), berikut penjelasannya.

Menurut pakar kebersihan Jill Koch, sangat penting untuk sering membersihkan area shower karena beberapa alasan. Pertama, di situlah kita mengeluarkan kotoran saat mandi dan meskipun kita menggunakan sabun dan sampo, kotoran akan tetap menumpuk.

Baca juga: 6 Cara Memilih Bilik Shower yang Tepat untuk Kamar Mandi

Ilustrasi membersihkan area shower. SHUTTERSTOCK/DANIEL JEDZURA Ilustrasi membersihkan area shower.

Alasan lain untuk sering membersihkan area shower adalah karena lingkungannya lembap, jadi semakin banyak uap air dan air kotor yang menumpuk, semakin banyak bakteri dan jamur yang bisa terbentuk, jelas Koch.

Seberapa sering harus membersihkan area shower?

Koch menyarankan untuk membersihkan area shower setiap minggu. Akan tetapi, tidak harus pembersihan yang serius setiap saat.

Dia mengatakan paling tidak Anda harus membersihkan lantai, rak, dan pintu kaca shower jika Anda memilikinya sebagai bagian dari jadwal pembersihan mingguan.

Sebulan sekali, lakukan pembersihan yang lebih menyeluruh, antara lain membersihkan dinding, mencuci tirai shower, dan bahkan membersihkan kepala shower.

Baca juga: 6 Ide Desain Area Shower di Kamar Mandi Kecil, Nyaman dan Estetik

Koch mengatakan, penting untuk membersihkan kepala shower karena penumpukan air sadah dapat berdampak negatif pada rambut dan umur panjang kepala shower.

Koch juga mengatakan bahwa penting untuk melakukan rutinitas yang dapat Anda patuhi agar buih sabun dan air sadah tidak memiliki kesempatan untuk menumpuk, karena ini akan membuat pembersihan area shower semakin membosankan setiap saat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com