Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Banyak Seprai yang Harus Dimiliki untuk 1 Tempat Tidur?

Kompas.com - 19/05/2023, 12:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda mungkin memiliki banyak seprai, sarung bantal, dan sarung guling. Ini adalah hal yang normal, karena seprai dan sarung bantal maupun sarung guling cadangan adalah suatu keharusan, terlepas dari apakah Anda tinggal sendirian atau bersama anggota keluarga.

Namun, Anda sebenarnya tidak membutuhkan seprai sebanyak yang Anda pikirkan, dan lebih dari tiga set lengkap bisa digunakan.

Dikutip dari House Digest, Jumat (19/5/2023), studi di banyak perusahaan tempat tidur dan desainer telah menunjukkan bahwa setidaknya setiap tempat tidur dapat memiliki tiga set seprai.

Baca juga: Seprai Warna Gelap Vs Terang, Mana yang Terbaik untuk Tidur Nyenyak?

Ilustrasi seprai tempat tidur. SHUTTERSTOCK/ROBINIMAGES2013 Ilustrasi seprai tempat tidur.

Jadi dari mana asalnya aturan tiga? Menurut banyak sumber seperti GhostBed, tiga set seprai memastikan bahwa selalu ada satu di kasur yang sebenarnya, sementara yang lain dapat dicuci, dan set terakhir dapat disimpan dalam keadaan siaga jika diperlukan untuk mengganti yang sedang digunakan.

Tiga adalah angka yang ideal untuk jumlah seprai yang harus dimiliki. Ini akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk mencuci seprai kotor dengan benar.

Kebanyakan orang mencuci sekali atau dua kali seminggu, jadi memiliki cadangan akan memberi Anda ruang bernapas di antara pencucian.

Pengecualian untuk aturan ini adalah sarung bantal, yang dapat diganti lebih sering jika diinginkan.

Baca juga: Catat, Ini Bahan Seprai Terbaik untuk Cuaca Panas

The New York Times merekomendasikan untuk mencuci seprai seminggu sekali, tetapi sarung bantal bahkan dapat diganti dua kali seminggu jika Anda melihat noda keringat, riasan, atau elemen lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com