Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Banyak Seprai yang Harus Dimiliki untuk 1 Tempat Tidur?

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda mungkin memiliki banyak seprai, sarung bantal, dan sarung guling. Ini adalah hal yang normal, karena seprai dan sarung bantal maupun sarung guling cadangan adalah suatu keharusan, terlepas dari apakah Anda tinggal sendirian atau bersama anggota keluarga.

Namun, Anda sebenarnya tidak membutuhkan seprai sebanyak yang Anda pikirkan, dan lebih dari tiga set lengkap bisa digunakan.

Dikutip dari House Digest, Jumat (19/5/2023), studi di banyak perusahaan tempat tidur dan desainer telah menunjukkan bahwa setidaknya setiap tempat tidur dapat memiliki tiga set seprai.

Jadi dari mana asalnya aturan tiga? Menurut banyak sumber seperti GhostBed, tiga set seprai memastikan bahwa selalu ada satu di kasur yang sebenarnya, sementara yang lain dapat dicuci, dan set terakhir dapat disimpan dalam keadaan siaga jika diperlukan untuk mengganti yang sedang digunakan.

Tiga adalah angka yang ideal untuk jumlah seprai yang harus dimiliki. Ini akan memberikan Anda lebih banyak waktu untuk mencuci seprai kotor dengan benar.

Kebanyakan orang mencuci sekali atau dua kali seminggu, jadi memiliki cadangan akan memberi Anda ruang bernapas di antara pencucian.

Pengecualian untuk aturan ini adalah sarung bantal, yang dapat diganti lebih sering jika diinginkan.

The New York Times merekomendasikan untuk mencuci seprai seminggu sekali, tetapi sarung bantal bahkan dapat diganti dua kali seminggu jika Anda melihat noda keringat, riasan, atau elemen lainnya.

Tips menjaga seprai tetap segar

Bahan dan kain yang berbeda akan memiliki hasil dan kebutuhan yang berbeda, termasuk jadwal pencucian.

Bahan seprai terbaik yang bernapas dan lembut termasuk bambu, linen, dan katun. Karena ini adalah bahan yang lebih lapang, maka bahan seprai ini tidak akan mengumpulkan bau atau partikel secepat beberapa serat sintetis.

Seprai linen mahal tetapi juga menjadi lebih lembut semakin banyak Anda menggunakan dan mencucinya, yang menjadikannya investasi yang bagus.

Memilih linen dengan jumlah benang super tinggi tidak selalu berarti mereka lebih baik daripada opsi lainnya, jadi pelajari instruksi perawatan untuk menghindari pembelian set yang memerlukan kerja ekstra.

Jika Anda ingin menjaga set seprai tetap segar di antara penggunaan, Anda juga dapat menambahkan beberapa potong kain cadangan yang diaplikasikan minyak esensial ke lemari linen.

Cukup tuangkan beberapa tetes aroma favorit ke kain dan simpan di antara seprai dan handuk tempat Anda menyimpannya, jadi saat Anda menariknya kembali, baunya segar dan mengundang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/19/121000076/berapa-banyak-seprai-yang-harus-dimiliki-untuk-1-tempat-tidur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke