Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Ikan yang Cocok Dipelihara di Kolam Luar Ruangan

Kompas.com - 04/05/2023, 19:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kolam ikan di luar ruangan atau taman dapat membuat halaman belakang rumah menjadi lebih menarik.

Meski air yang mengalir dan tanaman di sekitarnya memberikan daya tarik visual yang kuat, sorotan utama dari sebuah kolam adalah melihat ikan-ikan berenang dan berinteraksi. 

Baca juga: Apakah Ikan Cupang Membutuhkan Filter? Ini Penjelasannya

Jika menyukai ide memiliki kolam ikan di rumah, penting mengetahui spesies ikan yang dapat hidup dan berkembang di dalamnya.

Ada berbagai aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memutuskan jenis ikan yang tepat untuk ditambahkan ke kolam, seperti dimensi kolam dan iklim di daerah tersebut.

Karena itu, perlu berhati-hati dalam memilih jenis ikan. Ada beberapa spesies ikan yang memiliki tingkat kelangsungan hidup jauh lebih tinggi di kolam ikan luar ruangan daripada yang lain.

Jika ingin menikmati kolam yang indah dengan ikan yang hidup lama, berikut jenis ikan yang cocok dipelihara di kolam luar ruangan dikutip dari Rhythm of the Home, Kamis (4/5/2023). 

Baca juga: Seberapa Sering Akuarium Ikan Cupang Harus Dibersihkan?

Koi

Ilustrasi ikan koi.UNSPLASH/TIMUR GARIFOV Ilustrasi ikan koi.
Koi adalah pilihan tradisional untuk banyak kolam ikan luar ruangan. Ikan koi memiliki potensi hias yang kuat dan mampu bertahan hidup jika terjadi fluktuasi suhu.

Koi adalah ikan air dingin yang berasal dari Jepang yang memiliki berbagai macam warna yang menghiasi tubuh silindernya. 

Dibanding jenis ikan lain yang tumbuh baik di kolam luar ruangan, koi dianggap cukup mahal. Namun, ikan koi merupakan investasi bagus mengingat umurnya yang panjang.

Pastikan memberi ikan koi makanan yang diperkaya. Ikan koi membutuhkan kolam yang cukup besar dan dalam untuk berkembang.

Tergantung pada jumlah ikan yang dipelihara, biasanya membutuhkan kolam luar ruangan dengan kapasitas lebih dari 1.000 galon air atau sekitar 3.785 liter air. 

Baca juga: 16 Jenis Ikan Koi Populer, Sudah Tahu?

 

Ikan mas 

Ilustrasi ikan guppy.Shutterstock/underworld Ilustrasi ikan guppy.
Meski ikan mas biasanya dikaitkan dengan akuarium, ini adalah ikan yang cocok dipelihara di kolam luar ruangan. Ikan mas dapat menangani air yang lebih dingin dengan lebih baik daripas spesies tropis lainnya. 

Ikan mas tidak membutuhkan kolam yang sangat besar untuk berkembang karena ukurannya yang kecil, Namun, disarankan menyediakan sekitar 75 liter air untuk setiap ikan yang ditambahkan.

Meski tidak terlalu membutuhkan banyak air, seperti koi, ikan mas tetap membutuhkan kedalaman kolam yang layak untuk memberikan ruang berenang yang cukup.

Sebaiknya, pastikan suhu air yang optimal serta keteduhan di daerah beriklim hangat. 

Baca juga: 4 Cara Menyembuhkan Ekor Ikan Cupang yang Rusak 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com