Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2023, 15:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.com - Koi adalah ikan yang cantik dan tampak memukau, berkat warna dan polanya yang indah. Tidak heran, ikan koi adalah hewan peliharaan yang sangat populer.

Dikutip dari Pet Keen, Jumat (24/3/2023), ikan koi juga dikenal sebagai Nishikigoi, yang merupakan bahasa Jepang untuk ikan mas bermotif, karena merupakan spesies dari keluarga ikan mas. Nama ilmiah ikan koi adalah Cyprinus rubrofuscus.

Meskipun orang Jepang yang mulai membudidayakan ikan ini untuk kecantikannya pada pertengahan 1800-an, ikan koi diyakini berasal dari Tiongkok.

Baca juga: 8 Manfaat Memelihara Ikan Koi di Rumah

Ilustrasi kolam ikan koi, ilustrasi ikan koi.SHUTTERSTOCK / verdell galeana Ilustrasi kolam ikan koi, ilustrasi ikan koi.

Selain kecantikan, kecerdasan adalah alasan lain di balik popularitas ikan koi yang luar biasa. Anda dapat melatih ikan koi untuk makan dari tangan Anda, atau bahkan mulut.

Terlebih lagi, ikan koi adalah sahabat seumur hidup, karena ikan koi biasanya hidup hingga 50 tahun.

Ada banyak jenis ikan koi yang paling populer dan dapat menjadi hewan peliharaan di kolam ikan di pekarangan rumah, berikut beberapa di antaranya.

1. Kohaku

Kohaku bisa dibilang merupakan jenis ikan koi yang paling terkenal, karena merupakan salah satu koi asli. Jenis ikan koi ini pertama kali dibiakkan pada tahun 1890-an.

Baca juga: Mengapa Gambar Ikan Koi Banyak Digunakan dalam Feng Shui?

Ikan koi Kohaku hadir dengan tubuh putih bercak merah. Intensitas bercak-bercak ini bervariasi antara merah tua dan oranye-merah terang.

Anda dapat menggunakan tanda ini untuk membedakan berbagai jenis ikan koi Kohaku.

2. Sanke

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com