Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Lokasi Terbaik dan Terburuk untuk Meletakkan Router Wifi

Kompas.com - 02/05/2023, 13:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Sun US

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki koneksi internet wifi yang kuat di rumah adalah hal yang sangat penting. Ini khususnya bagi Anda yang bekerja di rumah atau ingin menonton film dari layanan streaming seperti Netflix.

Apa pun penyedia layanan internet yang Anda pilih, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah agar koneksi internet tetap berjalan lancar. Salah satunya adalah menggunakan router wifi dan meletakkannya di tempat yang tepat.

Dilansir The Sun US, Selasa (2/5/2023), tempat Anda meletakkan router wifi berdampak besar pada kualitas koneksi wifi Anda.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Reboot Router Wifi di Rumah?

Ilustrasi router wifi di rumah. SHUTTERSTOCK/THEERASAN PHUTTIGORN Ilustrasi router wifi di rumah.

Hitron, sebuah perusahaan peralatan telekomunikasi, baru-baru ini membagikan kesalahan utama yang harus dihindari dan tip yang harus diikuti untuk wifi yang kuat. Ini termasuk tempat terbaik dan terburuk untuk meletakkan router wifi.

Lokasi router wifi terbaik

Hitron merekomendasikan pelanggan untuk menjaga router wifi mereka berdiri tegak dan tidak menyentuh lantai, seperti di rak atau meja.

Mereka juga menyarankan untuk menjauhkan router wifi dari peralatan lain untuk mengurangi gangguan.

Jika router wifi berada di lokasi yang aman dan terpusat di rumah dan Anda masih mengalami masalah, mungkin ada masalah dengan koneksi broadband Anda.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Router Wifi Rumah

Anda harus dapat melihat di perangkat router wifi Anda, berapa banyak bar yang Anda miliki di wifi, jadi jika bar penuh itu mungkin menjadi masalah dengan koneksi broadband Anda yang sebenarnya, kata Nick Baker, pakar broadband di USwitch.com.

Jadi, imbuh Baker, sebelum Anda mencabut kabel router wifi dan memindahkannya ke sekitar rumah, lihat apakah wifi Anda kuat dan jalankan uji kecepatan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com